oleh

Menggenggam Layanan BPJS Kesehatan Dalam Ponsel

SORONG – Kehadiran aplikasi Mobile JKN memberikan angin segar bagi peserta JKN-KIS dalam mengakses kepesertaan dan kepengurusan administrasi. Seperti halnya yang dirasakan Wangi (22), salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri, mengaku sangat terbantu memanfaatkan aplikasi Mobile JKN selama ini. Aplikasi tersebut mempermudah dirinya dalam mendapatkan berbagai informasi. Mulai dari mengecek status kepesertaan, tagihan, hingga melihat kartu digital, dapat dilakukan Wandi hanya dalam genggamannya.

“Saat tahu BPJS Kesehatan memiliki aplikasi Mobile JKN, saya segera men-download dan mencobanya. Banyak sekali fitur yang bisa digunakan, apalagi di masa pandemi begini. Berkat Mobile JKN, saya tidak perlu mengurus BPJS Kesehatan ke kantor. Ibaratnya, layanan di Kantor BPJS Kesehatan sekarang sudah ada di genggaman tangan. Yang lebih menarik, aplikasi ini sangat mudah digunakan. Bahkan sudah saya coba ke orang tua saya dan mereka dengan mudah memahami penggunaannya,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu fitur yang sangat dirasakan manfaatnya ialah fitur pengecekan status kepesertaan dan cek tagihan. Meskipun sudah melakukan autodebet, Wandi dan keluarga masih saja tetap harus memastikan iuran JKN-KIS miliknya setiap bulannya terbayarkan agar keaktifan kepesertaan JKN-KIS miliknya tidak mengalami kendala.

“Kita tidak pernah tahu kapan sakit, apalagi untuk orang tua saya di usia sekarang, harus sering-sering dipantau kesehatannya dan berjaga-jaga dengan JKN-KIS ini. Jadi kami betul-betul cek status keaktifan kartu JKN-KIS setiap bulan dengan fitur di aplikasi Mobile JKN ini. Kami sangat merasa terbantu, tidak perlu lagi harus ke Kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mengecek status keaktifan,” jelasnya.

Wandi berharap ke depannya Mobile JKN bisa kian disempurnakan mengikuti perkembangan zaman, namun tetap user friendly agar mudah digunakan oleh masyarakat dengan beragam usia dan latar belakang. Ia pun berpesan agar masyarakat jangan segan mencari informasi seputar Program JKN-KIS dan BPJS Kesehatan, sebab saat ini kanal informasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sudah banyak dan sangat mudah diakses. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed