oleh

Mendagri Tito Karnavian Tinjau Kesiapan PON

JAYAPURA-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meninjau pembangunan venue PON di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (1/12/2), yang didampingi Sekda Papua TEA. Hery Dosinaen, Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua Alex Kapisa.

Dalam kunjunganya di Stadion Papua Bangkit yang akan menjadi  lokasi pembukaan ajang PON XX trsebut,  Mendagri meniai proses pembangunan venue PON di Jayapura masih sesuai jadwal, namun mantan Kapolda Papua ini  mengingatkan panitia PON XX 2020, prihal kesiapan penginapan.

“Yang perlu dikhawatikan masalah penginapan,  selain atlit, official, tamu, pelatih, pendukung, juga media yang datang, ini yang perlu kita pikirkan dimana mereka akan  tinggal karena jumlah kamar hotel relatif tidak sebanyak bisa  menampung itu,” ujar Tito kepada wartawan di sela-sela kunjunganya di Jayapura.

Menurut  mantan Kapolri ini,  kendati saat ini tengah ada pembangunan Rumah Susun (Rusun) yang akan dijadikan mess atlet PON 2020, namun ia menilai panitia perlu mengaturnya dengan baik, bahkan jika dimungkinkan rumah-rumah penduduk  juga bisa di manfaatkan untuk pelaksaan PON.

“Kan mau dibangun perumahan rusun, lumayan jika pembangunan itu bisa cepat buat atlit, kita lihat juga pada Asian Games, dari kementerian PUPR di bangun begitu cepat,  meskipun sederhana  tapi cukup, kemudian mungkin pemanfaatan  rumah–rumah penduduk , bisa mengakomodir iitu,” katanya.

Secara keseluruhan, Mendagri optimis pelaksanaan PON XX 2020 di Papua bisa diselenggarakan sesuai rencana, Terlebih setelah adanya pengurangan jumlah Cabang Olahraga (Cabor) dari 47 menjadi 37 Cabor. “Penurunan cabor dari 47 menjadi 37 itu saya kita kita cukup ooptimis untuk vanue,” kata Tito

Sebelumya, Mendagri mengaku dirinya akan melihat sejumlah venue PON di Papua, sebagai hasil tinjauan, kesiapan setiap venue dan keseluruhan persiapan akan dievaluasi di tingkat pusat. “Ada 12 cabang olahraga nanti, saya akan melihat lokasinya, buat nanti kita evaluasi di Jakarta, di tingkat Pusat. laporan (nya) kira-kira sama tidak nanti di lapangan,” ujarnya.

PON 2020 Papua akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang. Terdapat tiga kota/kabupaten yang akan menyelenggarakan pesta olahraga terbesar se-Indonesia itu. Antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke sebagai penyangga. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed