oleh

Mendadak, Mendagri Batalkan Kunjungan ke Manokwari

Padahal Gubernur, Wagub dan Sekda Sudah Menunggu di Bandara

MANOKWARI – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tiba-tiba membatalkan kunjungan ke Manokwari, Senin (5/4). Padahal Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Wakil Gubernur Muhamad Lakotani, Sekda Nataniel Mandacan dan sejumlah pejabat telah menunggu di ruang VIP terminal Bandara Rendani Manokwari.

Berdasarkan jadwal kunjungan yang beredar, Mendagri akan tiba di Bandara Rendani Manokwari sekitar pukul 15.00 WIT. Tito Karnavian didampingi beberapa pejabat Kemendagri, terbang dari Jayapura menggunakan pesawat carteran. Sejumlah personel Brimob bersenjata laras panjang sudah dikerahkan berjaga-jaga di sekitar halaman parkir terminal bandara, juga terlihat Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol. Ronny Semmy Thaaba. 

Mobil yang rencananya digunakan Mendagri, RI 21 sudah disiagakan di luar terminal, diapit mobil dinas gubernur PB 1. Hanya saja, Pangdam XVIII/Kasuari dan Kapolda belum berada di ruang tunggu VIP. Gubernur, Wagub dan Sekda Dr. Nataniel Mandacan menunggu di ruang VIP bandara sekitar 30 menit. Informasi pembatalan kedatangan Mendagri baru diterima sekitar pukul 15.15 WIT.

Informasi yang berkembang di bandara, Mendagri batal berkunjung di Manokwari karena tiba-tiba sakit sehingga langsung terbang ke Jakarta. Soal kabar ini, Gubernur mengatakan dirinya tak diinformasikan kondisi Mendagri. “Tidak diinformasikan itu (kabar Mendagri sakit). Yang saya tahu itu, disampaikan lewat Bapak Dirjen Otda, beliau (Mendagri) sampaikan permohonan maaf, ada tugas-tugas lain yang harus diselesaikan,” tuturnya.

Gubernur yang ditemui wartawan memaklumi pembatalan kunjungan Mendagri di Manokwari. Dia beralasan, Mendagri batal ke Manokwari karena banyak tugas kenegaraan. “Tadinya memang sudah dijadwalkan untuk datang ke Manokwari, tetapi tiba-tiba dibatalkan karena ada tugas yang harus diselesaikan,” ujar Dominggus kepada wartawan, di Bandara Rendani.

Mendagri yang menumpang pesawat carteran terbang dari Jayapura langsung ke Jakarta.  Gubernur belum bisa memastikan apakah pertemuan akan dialihkan ke Jakarta. “Toh kalau ada kita akan dapat petunjuk lebih lanjut,” tuturnya. Sebelumnya dijadwalkan mantan Kapolri ini akan melakukan pertemuan dengan Gubernur, Pangdam, Kapolda dan  Kabinda, di kediaman Kapolda.

Apa sebenarnya yang agenda rencana kunjungan Mendagri? Gubernur mengaku belum mengetahui. “Kita sendiri belum tahu agendanya apa. Yang jelas, kita hanya disampaikan bahwa ada kunjungan kerja Mendagri di Papua dan Papua Barat. Rencana ini kunjungan terbatas juga, hanya pertemuan dengan Forkopimda,” ujarnya.

Gubernur hanya memperkirakan, rencana kunjungan Mendagri untuk membicarakan situasi terkini di tanah Papua. “Kemarin juga  kan ada kunjungan Bapak Panglima TNI. Ya, mungkin bicarakan situasi terkini,” ucap Gubernur yang didampingi Wagub. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed