oleh

Memaknai 1 Muharram dengan Ikhtiar Protokol Kesehatan

-Metro-126 views

SORONG-Umat Islam Kota Sorong dalam memaknai Tahun Baru Islam (1 Muharram) 1442 Hijriah di masa pandemi Covid-19 ini, dengan berikhtiar dalam bentuk penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar terhindar dari wabah Corona.

 “Penyakit itu bisa datang dari berbagai arah yang tidak disangka, sehingga perlu hati – hati, waspada dan ikhtiar dengan menerapkan protokol kesehatan,”terang Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sorong, Agung Sibela.

Dikatakannya, 1 Muharram yang jatuh pada tanggal 20 Agustus 2020,  sangat berkesan di hati umat Islam di Dunia, dimana hal tersebut mengingatkan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW yang hijrah dari Kota Mekkah menuju Madinah

1 Muharram adalah momentum Hijrah bagi umat Islam untuk mengevaluasi hati maupun diri masing-masing. Contohnya, apapun kebaikan yang dilakukan di tahun lalu perlu ditingkatkan namun sebaliknya bila ditahun lalu ada perbuatan yang kurang baik maka harus ditinggalkan.

“Jangan sampai yang baik kita tinggalkan dan yang buruk kita pertahankan, nanti kita tidak mendapatkan makna hijrah,”tuturnya.

Sebagai umat Islam yang taat kepada Allah SWT, maka hendaknya berlomba-lomba dalam membuat kebaikan. Yang artinya, jika orang lain saja bisa berbuat baik maka kita pun juga bisa berbuat baik di dalam kehidupan dunia ini.

“Kita harus malu kepada Allah, jika orang lain bisa menjadi baik kenapa kita tidak lebih baik,”ujarnya.

Prinsip berlomba-lomba berbuat kebaikan perlu dibangun dalam suasana hijrah ini, karena kata Nabi Muhammad SAW, bahwa orang yang beruntung adalah orang yang lebih baik dari hari kemarin, namun jika ia masih sama saja maka ia termasuk orang yang merugi

Umat Islam dalam memahami yang dimaksud dengan hijrah adalah ketika mampu membawa diri ke arah yang lebih baik seperti bertambahnya amal ibadah, kehidupan bertetangga lebih baik dan sebagainya. Hal tersebut disebut sebagai makna Hijrah.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed