oleh

Maybrat Tetapkan 3 Program Prioritas

-Metro-114 views

SORONG– Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrembangda) Kabupaten Maybrat tahun 2021 yang telah berlangsung akhir April di Pondopo Alun-alun Fait Mayaf Pusat Pemerintahan Ibu Kota Kabupaten Maybrat telah menghasilkan tiga rencana pembangunan strategis daerah yakni infrastruktur, sosial budaya dan pemberdayaan sektor ekonomi. Demikian penjelasan Kepala Bappeda Kabupaten Maybrat, Ir. Fiktor F. Solossa, S.Pd, ST, MT kepada Radar Sorong (8/5) melalui sambungan seluler.

Tiga program strategis daerah lanjut Kepala Bapeda tentu disesuaikan dengan situasi yang dihadapi secara nasional maupun lokal di Maybrat terhadap bencana Covid-19. “Banyak hal yang telah sampaikan bupati dalam sambutannya pada momentum Musrembangda, terutama ada tiga program prioritas yakni peningkatan infrastruktur, pelayanan sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat yang belum terealisasikan maksimal di tahun ini,” terang Fiktor Solossa

Dijelaskannya, dampak Covid-19 telah berpengaruh terhadap belanja pembangunan secara nasional maupun di daerah. Tidak hanya itu, akibat bencana Covid-19, telah berdampak pada sektor ekonomi masyarakat, sehingga Pemerintah Daerah masih terus konsentrasi untuk penanganan bencana Covid-19. “Harapannya bencana Covid-19, segera berakhir di tahun 2020, sehingga di tahun depan (2021) Pemerintah Daerah mengoptimalkan peningkatan ekonomi masyarakat, pelayanan dasar pendidikan, kesehatan, pertanian dan sektor lain termasuk infrastruktur,” tuturnya.

Sebelum pelaksanaan Musrembang tingkat kabupaten, lanjut Solossa, pihaknya telah menggelar tahapan Musrembang yang dimulai dari tingkat kampung dan distrik. “Apresiasi karena tahapan Musrembang yang dimulai dari tingkat kampung dikawal para wakil rakyat dari empat daerah pemilihan masing-masing,” tandasnya sembari menambahkan, Musrembang langsung disampaikan ke provinsi via online.

Kepala Bappeda menambahkan, Musrembang mengacu pada ketentuan peraturan perundang undangan termasuk Permendagri Nomor 86 tahun 2017.  Hadir dalam pelaksanaan Musrembang yang berlangsung di ruang terbuka tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Maybrat, Plt. Sekda Maybrat dan para pejabat daerah serta unsur Muspida dan pelaksanaan Musrembang berlangsung sesuai standar operasional prosedur kesehatan penanganan Covid-19 yang diterapkan pemerintah. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed