oleh

Maybrat Buka Seleksi 23 JPT Pratama

SORONG – Pemerintah Kabupaten Maybrat membuka Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT)  Pratama Kabupaten Maybrat tahun 2020. Seleksi terbuka tersebut mencakup 23 jabatan diantaranya 3 staf ahli, 3 asisten dan 17 Kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Maybrat. Pendaftaran dibuka mulai 23 hingga 27 November 2020 di Kantor BKPSDM Kabupaten Maybrat di Kumurkek.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT)  Pratama Kabupaten Maybrat tahun 2020, Jhoni Way,S.Hut,MSi menjelaskan, pada hari pendaftaran tanggal 23 hingga 27 November 2020,  peserta diharapkan memasukkan berkas-berkas pendaftaran yang tertera pada pengumuman. Peserta yang ingin mengikuti seleksi JPT tersebut minimal harus mempunyai pangkat/golongan Pembina (IV/a), minimal telah mengikuti dan lulus Diklat PIM III serta berusia paling tinggi 56 tahun. Berkas administrasi peserta akan diseleksi oleh panitia dan yang lolos seleksi berkas akan diumumkan pada tanggal 30 November 2020. 

”Penerimaan berkas ini akan dilakukan di Kumurkek Kabupaten Maybrat, jadi tidak ada penerimaan berkas diluar Kumurkek. Peserta yang lolos seleksi berkas, akan dilanjutkan dengan assesment pada tanggal 2 hingga 5 Desember 2020,” jelas Jhoni Way kepada Radar Sorong, Jumat (20/11). 

Selanjutnya, penulisan makalah dan wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 7 hingga 12 Desember 2020. Kemudian, tanggal 14 Desember 2020 pengumumam hasil seleksi. Perlu diketahui bahwa satu jabatan yang dilelang minimal terdapat 3 peserta yang mendaftar. Apabila pelamar dibawah 3 orang, maka waktu pendaftaran pada jabatan tersebut akan diperpanjang lagi 3 hari dan apabila masih dibawah 3 orang, maka seleksi tetap akan dilanjutkan. 

Untuk kuota jumlah jabatan yang akan dilamar, satu orang peserta dapat melamar maksimal di dua posisi jabatan yang berbeda tapi masih serumpun, tetapi apabila hanya ingin melamar pada satu jabatan saja tidak dipermasalahkan.  Selanjutnya, pada tanggal 14 Desember 2020 akan diumumkan 3 nama peserta pada masing-masing jabatan dengan peringkat tertinggi dan  dikirim kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pemerintah Kabupaten Maybrat dalam hal ini Bupati Maybrat. 

Selanjutnya, Bupati Maybrat mengirim nama-nama tersebut kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta untuk mendapatkan rekomendasi. ”Tim KASN akan mengkaji, setelah itu dikembalikan kepada Bupati untuk dilakukan pelantikan. Kalau berjalan lancar, pelantikan direncanakan pada tanggal 21 Desember 2020,” jelas Jhoni Way yang sehari-harinya menjabat Sekda Kabupaten Maybrat.

Ia berharap para peserta dapat memasukan berkas sesuai dengan disiplin keahliannya agar ketika lolos seleksi dan menjadi pimpinan di OPD masing-masing, mereka bisa menguasai bidangnya. Jangan bidang sosial tetapi melamar di bagian teknis, hal tersebut harus dihindari agar kompetensi dapat dijaga dengan baik. Sehingga, visi dan misi Bupati bisa dijabarkan pada OPD masing-masing secara pararel.  ”Jangan sampai jadi Kepala Dinas tapi anak buah yang lebih pintar, karena nanti Kepala Dinas tidak berdaya dalam menyikapi persoalan karena harus bertanya kepada anak buahnya. Melamar minimal sesuai dengan bidang tugas masing-masing,” pungkasnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed