oleh

Masyarakat Waisai Kesal, Jaringan Internet – Telekomunikasi Mati Total

-Metro-148 views

WAISAI– Pengguna Telkomsel dan Pelanggan WiFi Indihome di Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat dibuat kesal. Pasalnya, terhitung setengah hari Kamis (15/07/2021) sejak pukul 03.00 WIT sampai dengan sore pukul 17:44 WIT layanan jaringan telepon maupun internet milik Telkomsel dan Telkom mengalami gangguan jaringan alias mati total kurang lebih 16 jam.

  Akibatnya, banyak pengguna internet, penjual online dan pelaku bisnis online lainnya mengaku kesal dan rugi karena tidak bisa transaksi dan order.”Hari ini (kemarin,red) banyak order yang terpaksa dicancel, karena tidak ada jaringan internet,”kata salah satu pedagang online rumahan yang enggan menyebut namanya kepada Radar Sorong, Kamis (15/07/2021) kemarin.

  Selain itu, salah satu warga, Farhan yang ditemui Radar Sorong Kamis (15/7) di kawasan Pantai WTC Kota Waisai ikut mengungkapkan kekecewaannya. Pasalnya Farhan juga merupakan pengguna aktif internet. Namun, sejak pagi hingga sore layanan jaringan telepon dan internet mengalami gangguan.

  “Tadi pagi (kemarin.red) saya coba buka handpone ternyata jaringan telepon dan internet tidak ada. Padahal paket data Telkomsel saya masih banyak. Makanya untuk memastikannya, saya coba pergi ke kedai kopi karena disitu (kedai kopi) disediakan Wi-Fi gratis. Namun, sesampai saya di sana pemilik kedai sampaikan kalau Wi-Fi ditempatnya juga mengalami gangguan. Tapi tidak beritahu apa penyebabnya,”jelasnya.

  Sebenarnya sambung Farhan, jika dibilang kecewa pastinya ia sangat kecewa, karena sejumlah tempat khususnya kedai kopi yang menyediakan Wi-Fi gratis terkena dampak PPKM skala mikro, dan tidak diperbolehkan makan dan minum di tempat namun harus delivery ataupun take away alias dibungkus dan bawa pulang ke rumah.”Jadi pilihannya, kita harus lebih banyak waktu di rumah tapi jaringan internet mati total dari pagi sampai sore, ya masa jaringan internet juga ikut mati,” katanya dengan nada kesal.

  Tak hanya itu, Juma, pemilik kedai kopi juga kepada Radar Sorong menyampaikan rasa kecewa yang sama. Karena menurut Juma jaringan internet Wi-Fi di kedai mereka kemarin mengalami gangguan. Padahal kata Juma waktu yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka untuk membuka usaha hanya sampai pukul 20:00 WIT. Meskipun pelanggannya dilarang makan dan minum, tetapikan internet dipakai mereka pribadi tidak bisa.”Kecewa sekali, jaringan internet WiFi mati total dari pagi sampai sore, padahal tiap bulan kita bayar tepat waktu kalau lewat sedikit pasti didenda. Kalau gangguan lama-lama begitu yang penting ada kompensasi ya tidak apa-apa? Tapi gangguan ataupun tidak gangguan kita bayar tetap sama,”ujar Juma dengan raut wajah kesal.

  Pantauan Radar Sorong, jaringan internet dan telepon baik layanan milik Telkomsel dan Telkom di Kota Waisai mulai normal kembali kurang lebih sekitar Pukul 18:00 WIT namun belum diketahui penyebab pastinya. Dan apakah gangguan yang sama terjadi di daerah lain selain di Kota Waisai, Raja Ampat. Untuk mengetahui penyebab gangguan jaringan tersebut pihak Telkomsel dan Telkom yang berkantor di Kota Waisai, Raja Ampat belum sempat ditemui hingga berita ini diterbitkan. (hjw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed