oleh

Masyarakat Papua Butuh Pemberdayaan dan Pembinaan

-Metro-154 views

SORONG- Sekretaris Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Sorong, Niko Isir mengatakan, Kota Sorong merupakan daerah otsus yang memiliki keistimewaan dari Pemerintah Pusat untuk membiayai beberapa program yang diutamakan pada pemberdayaan.

Pemberdayaan sangat penting dilakukan, terlebih kepada masyarakat asli Papua, sehingga mampu maju dan berkembang seperti masyarakat lainnya di Kota Sorong.

Ia menyebutkan, sesuai Undang – Undang Nomor 21 tahun 2021 tentang Daerah Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua, ada 4 program prioritas yang biayai oleh dana otsus yaitu infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Sebagai anak Papua tidak mungkin bikin susah orang Papua susah di atas tanah kita sendiri. Sehingga bapak wali kota punya kebijakan di Pasar Modern ini, ada pasar khusus mama-mama Papua. Ada 292 los, itu khusus diperuntukan bagi mama-mama Papua. Itu berarti keberpihakan Pemerintah Daerah kepada Orang Asli Papua itu tidak pungkiri dan memang itu hak mereka, merekaberada di atas tanahnya sendiri, sehingga harus diberikan pelayanan terbaik dan diurus baik,” jelasnya.

“Apalagi kami orang Papua sendiri yang jadi kepala dinas, jadi kepala daerah, berarti kita harus urus kita punya orang. Keberpihakan kita harus ada, kita tidak bisa meninggalkan mereka. Dia sama dengan saya jadi saya punya tanggung jawab untuk mengurus mereka,” sambungnya.

Niko menambahkan, OPD terkait kiranya lebih memperhatikan orang asli Papua dan membina serta memberikan pelatihan-pelatihan yang dapat menunjang dan menambah keterampilan orang asli Papua. Dimana usaha mereka bisa lebih maju dari sebelumnya.

“Masyarakat Papua butuh pembinaan, mereka butuh perhatian lebih dalam pembinaan. Kedepan kami akan bersinergi dengan OPD teknis, misalnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat. OPD terkait ini akan berperan untuk melakukan pelatihan-pelatihan dan pembinaan kepada masyarakat, yaitu mengubah mindset mereka, yang tadinya dia bisa jual sayur kangkung dan pinang, ke depan dia sudah bisa merubah lebih baik lagi,” pungkasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed