oleh

Masyarakat Jangan Tolak Tracing

-Metro-107 views

SORONG – Forum Discussion Group (FGD) yang dilakukan oleh One Health Collaboration Center (OHCC) dari Universitas Cendrawasih bersama para stakeholder Satgas Covid, membahas upaya memerangi Covid-19. Sebagai perpanjangan tangan yang ditugaskan langsung oleh BNPB Pusat untuk mengkampanyekan perang melawan covid-19 di Papua dan Maluku, OHCC Uncen meminta masyarakat tak menolak untuk di-tracing.

“Tracing tidak dilakukan untuk semua masyarakat, hanya kepada yang merasakan gejala dan mereka yang punya riwayat kontak erat dengan pasien positif saja. Jadi saya berpesan agar masyarakat yang tadi saya sebutkan tidak menolak jika diharapkan untuk dilakukan tracing oleh Satgas Covid, karena ini upaya yang harus ditempuh,” terang Koordinator OHCC, Dr. Indriyanti Assa, M.Si.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Selain pesan tersebut, Indriyanti juga mengatakan bahwa kebijakan terkait pemberantasan wabah covid yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat harus dilakukan oleh semua masyarakat hingga lapisan terbawah.

“Kebijakan pemerintah terkait covid tentu diharapkan dapat menekan peningkatan jumlah kasusu positif covid yang ada. Sehingga apapun kebijakannya, harus didukung oleh berbagai pihak, dan diimplementasikan. Misalnya kebiasaan 3T, jangan berhenti di tingkat distrik saja, tetapi RT/RW juga harus paham itu,” lanjutnya.

Indriyanti mengungkapkan, dari forum diskusi tersebut banyak masukan dan saran yang diberikan oleh peserta diskusi. Hasil diskusi yang dibahas bersama para stakeholder tersebut, akan menjadi bahan evaluasi yang dilaporkan langsung kepada BNPB Pusat.

“Harapan kami, setelah diskusi ini dan melakukan evaluasi, kami bersama Pemerintah Pusat dalam hal ini BNPB bisa menemukan keputusan yang paling direkomendasikan untuk memerangi covid-19 di Kota dan Kabupaten. Yang jelas, tracing tetap jadi rekomendasi terbaik untuk dilakukan saat ini,” tutupnya. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed