oleh

Masuk Raja Ampat Wajib Sertifikat Vaksin

-Metro-68 views

Juga Disertakan Rapid Test Antigen Negatif Bebas Covid-19

WAISAI– Baru beberapa hari yang lalu diberlakukannya syarat perjalanan bagi para penumpang yang keluar maupun masuk Raja Ampat menggunakan jasa angkutan laut dan udara wajib sertakan sertifikat Vaksin. Namun kini para penumpang juga harus wajib menyertakan keterangan Rapid Test Antigen Negatif atau bebas Covid-19 jika melakukan perjalanan berlaku selama 1×24 jam.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Hal itu, merujuk pada Surat Edaran Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE Nomor : 440//393/Setda tertanggal 5 Juli 2021 tentang pembatasan kegiatan pemerintah, sosial kemasyarakatan dan pelaku usaha serta penetapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis dasawisma RT/RW. Hal ini bertujuan dalam rangka percepatan pencegahan dan penanganan Pandemi Covid-19 di Kabupaten Raja Ampat.

Selain itu, PPKM bagi pelaku usaha, terdapat didalam surat edaran itu juga, menerangkan, bagi pelaku perjalanan dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat tetap memperoleh surat rekomendasi izin masuk wilayah Kabupaten dari Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten di lingkungan wilayah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dikecualikan bagi yang melanjutkan pendidikan dan urusan keagamaan tidak diwajibkan memperoleh surat izin masuk;

Persyaratan Pengurusan Surat Ijin Masuk sebagaimana dimaksud dalam angka 5 didalam edaran Bupati antara lain, bagi Pelaku Perjalanan berusia diatas 18 tahun ke atas, KTP, Hasil RT-PCR/TCM (masa berlaku 1 x 24 jam) atau Rapid Test Antigen (masa berlaku (1 x 24 jam) yang divalidasi oleh KKP, Sertifikat Vaksinasi (minimal dosis 1), Surat Pernyataan. Kemudian, bagi pelaku perjalanan berusia dibawah 18 tahun menyiapkan Kartu Keluarga, Hasil RT-PCR/TCM (masa berlaku 1 x 24 jam) atau Rapid Test Antigen (masa berlaku (1 x 24 jam) yang divalidasi oleh KKP, Sertifikat Vaksinasi bagi usia 12 – 18 tahun (minimal dosis 1), Surat Pernyataan.

Kepala seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi   Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Raja Ampat, Regina Nainggolan, ketika dihubungi awak media melalui kontak telepon Rabu (7/6) membenarkan, terdapat surat edaran terbaru Bupati Raja Ampat mengacu pada surat edaran gubernur, maupun beberapa peraturan dan surat edaran lainnya.

“Menindaklanjuti sejumlah surat edaran dari Gubernur dan lain-lainnya tersebut maka selain memberlakukan surat sertifikat vaksin, juga diberlakukannya surat keterangan Rapid Test Antigen Negatif bebas Covid-19 1 kali 24 jam untuk syarat perjalanan keluar maupun masuk Raja Ampat dan tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes). Jadi, surat edaran Bupati berlaku per hari ini (kemarin),”jelasnya.”Lain halnya jika cakupan vaksinasi kita sudah lebih dari 70 persen, maka setidaknya target imunitas kita sudah tercapai,”imbuhnya

Disisi lain, Regina mengaku, sampai detik ini, cakupan Vaksinasi di Raja Ampat untuk cakupan dosis 1 (pertama) baru mencapai 6.700. Sedangkan dosis 2 (kedua) mencapai 2.062.”Jadi, cakupannya vaksinasi untuk sementara saat ini target kita masih sangat jauh dari target yang ditentukan sebanyak 45 ribu dan targetnyakan satu tahun, nanti pelaksanaan vaksinasi sampai diakhir tahun 2021,”paparnya

Dikatakan Regina, total logistik Vaksin Covid-19 yang sudah dikirim jenis Sinovac berjumlah 1.360 vial jika didosiskan 13.600 dosis yang multi, Aztrazeneca 800 dosis.

Regina lanjut membeberkan, data terakhir hingga hari ini (Rabu 7 Juli 2021) dari hasil pemeriksaan sample di laboratorium total sebanyak 118 warga di Raja Ampat dinyatakan positif Covid-19,”Dari 118 warga yang dinyatakan Positif Covid-19 tersebut 3 diantaranya sedang menjalani perawatan dirumah sakit umum daerah (RSUD Raja Ampat). Sedangkan 115 pasien lainnya menjalani isolasi mandiri (isoman) dirumah masing-masing,”pungkasnya Regina

Sementara, Tim Vaksinator Puskesmas Waisai, dr Agnes ketika ditemui Radar Sorong di terminal penumpang pelabuhan Waisai Rabu (7/6) juga membenarkan bahwa, telah diberlakukan persyaratan keberangkatan bagi para penumpang keluar dan masuk Raja Ampat menggunakan angkutan laut maupun udara wajib selain menunjukan sertifikat vaksin, tapi juga wajib menunjukan surat keterangan Rapid test negatif Covid-19. “Sebenarnya hari ini (kemarin) sudah diberlakukan bagi para penumpang yang baru turun dan atau naik ke kapal wajib menunjukan keterangan Rapid Test Antigen Negatif atau bebas dari Covid-19, selain wajib menunjukan sertifikat vaksin,”aku Agnes singkat. (hjw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed