oleh

Masalah Galian C Dibawa ke Jalur Hukum

-Metro-146 views

SORONG – Tak kunjung mendapatkan titik terang atas kondisi permasalahan Galian C yang berdampak buruk pada lingkungan masyarakat di Km 10 masuk Kota Sorong, warga dari 25 RT menyetujui untuk membawa permasalahan tersebut ke jalur hukum. 

“Kami sudah menyepakati dari 25 RT yang hadir untuk mengambil kelas hukum dengan pendampingan dari advokat,” ujar perwakilan Organisasi Lingkungan, Eko, kepada Radar Sorong, Jumat (7/8).

Menurutnya, putusan tersebut dipilih masyarakat, dikarenakan kondisi yang terjadi hingga saat ini belum mendapati titik terang, meski Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan telah melakukan kunjungan ke lokasi Galian C di Kampung Bugis Km 10. 

Adapun temuan yang didapati dari aktivitas galian C di Km 10, yakni sedimen yang tinggi di drainase warga dikarenakan tidak adanya bak penampungan ataupun penyaringan yang disediakan oleh pengusaha galian C, sehingga hasil cucian pasir dari galian c tersebut langsung ke drainase maupun ke warga. 

Langkah hukum yang kami ambil ini, masih dalam tahap pengumpulan data dan bukti di lapangan, untuk nanti diajukan. Dimana dari bukti tersebut yang akan mengarah kepada siapa tuntutan hukum akan diberikan.

“Kami saat ini baru sebatas mengumpulkan data, selanjutnya kepada siapa, itu kami serahkan ke advokat,” ujarnya.

Adapun langkah yang diambil oleh masyarakat dari 25 RT tersebut, menurutnya mendapat dukungan banyak pihak. Ia berharap, agar langkah yang ditempuh dapat membawa titik terang sehingga masyarakat tidak lagi mengalami kerugian yang dialami bertahun-tahun. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed