oleh

Mapolsek Nimboran Dibakar Warga

JAYAPURA – Sejumlah warga Nimboran Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, membakar Mapolsek Nimboran, Senin (2/8) siang. Aksi pembakaran Mapolsek tersebut dilakukan warga lantaran salah seorang warga Distrik Nimboran menjadi korban penembakan yang diduga dilakukan oleh aparat kepolisian setempat.

Kapolres Jayapura, AKBP Frederickus Maclarimboen yang dikonfirmasi menjelaskan, kejadian itu bermula saat pihaknya menerima  laporan tentang adanya sekelompok warga yang melakukan pemalakan. Anggota yang tiba di lokasi untuk membubarkan warga, namun upaya tersebut ditolak bahkan pihak keamanan mendapat serangan dari warga.  “Angggota yang tiba di TKP mendapat perlawanan saat hendak membubarkan warga dan anggota kita melakukan upaya tegas dan mengenai salah satu masyarakat,” jelas Kapolres Jayapura.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Dikatakan, akibat dari tindakan tersebut, timbul kemarahan dari masyarakat dan melakukan pembakaran Mapolsek.  Ia mengungkapkan, saat ini pihaknya belum mengetahui kondisi dari korban penembakan. “Kita belum tahu pasti apakah warga yang terkena tembak itu meninggal atau tidak, tetapi kita harapkan korban tidak meninggal,” ungkapnya.

Usai pembakaran Polsek Nimboran, masih dilakukan penjagaan oleh aparat kepolisian dibantu personel TNI. “Personel gabungan TNI-Polri masih melakukan pengamanan di sekitar Polsek Nimboran yang dibakar massa,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan di Jayapura, Senin (2/8).

Sedangkan korban penembakan berinisial FS (22) yang merupakan warga Kampung Pobaim Distrik Nimboran Kabupaten Jayapura, sudah dievakuasi ke RSUD Abepura guna mendapat perawatan. Kamal menjelaskan, pembakaran Polsek dilakukan massa dari keluarga korban sekitar 30 orang. Mereka datang ke Polsek menggunakan roda 2 dan truk. “Massa tiba di Polsek langsung melakukan penyerangan terhadap Polsek Nimboran, sehingga anggota yang berada di Polsek berlindung dan mengamankan diri kearah belakang Polsek, kemudian massa melakukan pengrusakan dan pembakaran Polsek Nimboran,” jelasnya.

Akibat dari kejadian itu Mapolsek Nimboran habis terbakar dan belasan sepeda motor serta satu pucuk senjata ikut terbakar. “Kasus ini telah ditangani Polres Kabupaten Jayapura bersama-sama dengan tokoh masyarakat setempat sementara situasi sudah terkendali,” kata Kamal. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed