oleh

Manfaat CSR Pertamina RU VII Di Tengah Pandemi Covid-19

-Future-2.324 views

Kehadiran Industri Hulu Migas di daerah Papua sangat memberikan kontribusi yang nyata dalam perekonomian wilayah tersebut. Hal serupa dilakukan oleh PT Pertamina ( Persero ) RU VII Kasim berlokasi di Kecamatan Seget, Kabupaten Sorong yang turut andil dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan Kecamatan Seget maupun wilayah Ring 1 Pertamina RU VII Kasim.


Oleh Juhra Nasir


PT Pertamina ( Persero ) RU VII Kasim atau dikenal sebagai Kilang Kasim diketahui telah berdiri sejak tahun 1997, artinya 23 tahun sudah Kilang Kasim beroperasi di kawasan Kecamatan Seget. PT. Pertamina ( Persero ) RU VII Kasim bergerak di bidang pengolahan Minyak Bumi (minyak mentah) menjadi Produk BBM ( Premium,Bio Solar dan Kerosini) Namun, untuk kerosine sudah tidak di produksi dikarenakan program Pemerintah terkait Konversi Kerosine ke (LPG)
Pertamina RU VII Kasim memiliki lima unit operasi yaitu Crude Destilasi Unit (CDU), Naptha Hidrotreating Unit (NHTU), Catalitik Reforming Unit (CRU), Oil Movment (OM) dan Utilities. Namun, sejak kemunculan pandemic Coronavirus Dieses 19 (Covid-19) menghancurkan seluruh bidang baik Infrastruktur dan ekonomi, membatasi ruang gerak Pemerintah pusat, daerah dan masyarakat.
Khususnya wilayah Sorong baik Pemerintah daerah dan masyarakat pun mengalami kesulitan dalam segi perekonomian maupun keterbatasan alat protokol kesehatan Covid-19 seperti masker, APD, obat-obatan dan sebagainya.
Melihat kesulitan tersebut, PT Pertamina ( Persero ) RU VII Kasim melalui manfaat Corporate Social Responsibility (CSR) pada program Pertamina Peduli memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak di sekitar Ring 1 Pertamina RU VII Kasim dan juga Alat Pelindung Diri (APD) berupa ratusan Baju Asmat, cairan hand sanitizer dan cairan disenfektan di dua Rumah Sakit di wilayah kota dan Kabupaten Sorong.

Penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) oleh Unit Manager Communication, Relation dan CSR PT Pertamina (Persero) RU VII Kasim, Dodi Yapsenang di RS Sele Be Solu


Unit Manager CommRel dan CSR VII, Dodi Yapsenang saat menyerahkan bantuan beberapa waktu lalu menyampaikan Pertamin RU VII Kasim tetap berkomitmen memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan selama masa pandemic bencana non alam tersebut.
“Bantuan ini bukan kali pertama, sebab sudah beberapa instansi seperti Satgas kota, kabupaten maupun Puskesmas di Kecamatan Seget pun kami berikan bantuan,”jelasnya saat memberikan bantuan APD di RS Sele be Solu pada tanggal 26 Mei 2020 lalu.
Tidak sampai di situ, terlihat beberapa kali Pertamina RU VII Kasim menunjukan kepeduliannya terhadap masyarakat. Khususnya masyarakat terdampak banjir pada tanggal 17 Juli 2020 di masa pandemic, Pertamina RU VII Kasim langsung tanggap cepat menyalurkan ratusan paket sembako di salah satu wilayah terdampak banjir terparah serta 1000 nasi bungkus.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed