oleh

Mama Papua Ingin Pedagang Ikan juga Pindah

-Metro-126 views

SORONG-Wali Kota Sorong, Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM mengunjungi pedagang di Pasar Boswesen untuk mendengar aspirasi mereka. Para pedagang pun menyambut kedatangan wali kota dengan pro dan kontra. Ada pedagang yang mendukung pemindahan pedagang-pedagang dari Pasar Boswesen ke Pasar Modern, ada juga yang ingin pindah namun diharapkan semuanya.

Salah satu pedagang Mama-mama Papua, Lenny mengucapkan terima kasih kepada wali kota Sorong yang sudah memberikan tempat jualan yang layak yaitu adanya pasar mama-mama Papua dan mereka sudah mau pindah tetapi harus dengan pasar ikannya yang di Boswesen, di mana mereka ingin kebersamaan. Dia mengibaratkan seperti dalam satu keluarga, ada Bapak, Ibu dan anak.

“Kita mau pindah, kita bersedia, yang penting pasar ikannya juga pindah. Kalau pasar ikannya pindah, berarti kita juga pindah. Tapi kalau pasar ikannya tidak ada, bagaimana?. Bapak tinggal di tempat lain, mama tinggal di tempat lain, anak-anak tinggal di tempat lain itu tidak bisa.  Satu set itu jadi satu baru bisa. Jadi memang kita bersedia, yang pentinga pasar ikan juga pindah, kalau pasar ikan pindah otomatis masyarakatnya pindah ke sana,” tegas pedagang Sayuran di Pasar Boswesen.

Sementara itu, Wali Kota Sorong, Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM mengatakan, sebagai pemerintah daerah memang harus menyiapkan mental dan diri karena menghadapi hal tersebut yang memiliki dampak sangat besar, karena yang dihadapi adalah masyarakat. Lahan di pasar Boswesen merupakan lahan milik pemerintah daerah sehingga ketika dilakukan pemindahan pedagang, Pemda berhak memindahkan para pedagang yang ada ke pasar Modern dan tidak ada persoalan ganti rugi lagi.

“Mereka harus pindah. Tempat itu kan milik pemerintah, saya ganti rugi tidak sedikit, belasan miliar. Saya sudah bilang mereka bisa jualan pakai tenda apa adanya. Tapi saya siapkan pasar, suatu ketika kalau sudah jadi maka pedagang harus pindah. Saya minta pengertian yang baik dari bapak-bapak dan mama-mama di Pasar Boswesen karena yang saya atur itu baik. Pemerintah tidak pernah menyusahkan rakyat, pemerintah pasti melakukan sesuatu yang baik untuk rakyat,” tegasnya.

Lanjutnya, Pemerintah Kota Sorong rencananya akan membangun Pasar  khusus pedagang Ikan dan bangunannya harus berdekatan dengan sungai atau kali, agar limbah ikan harus tersalurkan atau buangannya langsung ke kali tersebut. “Nanti saya bangun di sebelah Kantor Distrik itu, kali yang pas jembatan. Itu kan bagus. Saya sudah buat perencanaan tahun ini dibangun. Yang ada disitu nanti ikan kering mau pun ikan basah. Di luar ikan tidak boleh jualan di pasar ikan. Jadi pedagang ikan di Pasar Boswesen juga harus pindah,” tegasnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed