oleh

Luther Rumpumbo Isi Kursi Penjabat Sekda

Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma melantik Luther Rumpumbo, S. Pd sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kaimana, di Aula Kantor Bupati Kaimana, Selasa (29/9).

Pelantikan Penjabat Sekda Kaimana ini berdasarkan surat keputusan Bupati Kaimana nomor 821.2/01 tanggal 28 September 2020, serta surat Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan nomor 1266/X.821.2/BKD/VIII/2020 tanggal 31 Agustus 2020 perihal persetujuan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Forkopimda Kaimana, dan sejumlah pimpinan OPD diruang lingkup Pemda Kaimana.

Bupati Kaimana dalam sambutannya mengatakan, proses pelantikan Penjabat Sekda Kaimana ini merupakan sesuatu yang biasa di lingkungan pemerintahan di Republik Indonesia.

“Tidak perlu didiskusikan, apalagi diperdebatkan, lebih lagi dipertanyakan. Kalau bagi mereka yang tidak mengerti pemerintahan, mereka nantinya mendiskusikan hal ini itu sesuatu yang biasa,” kata bupati.

Dikatakan bupati, rotasi pejabat sesungguhnya hal yang biasa, selain itu disebutkannya alasan tepat pelantikan penjabat Sekda yaitu setelah penetapan mantan Sekda Kaimana sebagai calon tetap di Pilkada Kaimana.

“ Karena Sekda maju Pilkada, maka oleh regulasi diwajibkan untuk mengundurkan diri. Karena sudah ditetapkan oleh KPUD, maka dasar itulah saya mengajukan surat ke Pemerintah Pusat melalui wakilnya di Provinsi Papua Barat yakni Gubernur Papua Barat,” jelas Bupati.

Ia menuturkan, ada prasyarat untuk seseorang menduduki penjabat Eselon IIA sebagai Sekretaris Daerah. Tidak semua ASN bisa menjadi Penjabat Sekda. Karena persyaratan sesuai regulasi, tapi dibutuhkan juga attitude yang mumpuni.

“Rekam jejaknya juga harus baik. Menjabat sebagai Sekda itu imannya harus baik. Tidak cukup kalau hanya dengan penguasaan ilmu, ini menjadi dasar ketika memutuskan seseorang menjadi Penjabat,” ujar Bupati.

“Iman baik juga tidak cukup karena harus benar benar kompeten, sepak terjangnya, karena nanti dia akan bersentuhan dengan semua pihak. Punya integritas yang tinggi. Seseorang yg tidak punya integritas, itu tidak tepat menempati  jabatan itu,” lanjutnya.

Bupati Mairuma juga meminta kepada Penjabat Sekda Kaimana, Luther Rumpumbo, S.Pd untuk mulai melaksanakan tugas sebagai Penjabat Sekda setelah resmi dilantik dan sampai enam bulan ke depan.

“Saudara sudah bisa melaksanakan tugas mulai hari ini sampai enam bulan ke depan. Sambil menunggu Sekda definitif, saudara sebagai kunci untuk memutuskan segala sesuatu, dan mengurus seluruh jalannya pemerintahan ini. Satu tugas yang harus dipikirkan sekarang adalah menyiapkan dokumen KUA PPAS tahun 2021 dan bekerja sesuai dengan apa yang sudah Tuhan percayakan kepada saudara,” harap bupati.(fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed