oleh

LPJ ke- 3 belum Diserahkan, Dana Desa Tertunda

-Metro-564 views

AIMAS– Pencairan Dana Desa (DD) tahun 2019 belum diterima oleh Pemerintah Kampung Kuadas, Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, dikarenakan belum adanya laporan pertanggungjawaban DD tahun 2018 tahap ke-3.

“Pengunaan dana desa tahun 2018 untuk tahap ke-3 balum dilaporkan, makanya dana desa tahun 2019 belum dicairkan,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Turino,S.IP kepada media, Selasa (29/10).

Adapun dugaan penyalahgunaan DD oleh Kepala Kampung, pihaknya telah memanggil Kepala Kampung dan aparat kampung lainnya untuk menemukan solusi terbaik, sehingga DD 2019 untuk Kampung Kuadas dapat dicairkan dan dipergunakan sebaik mungkin. Karena, saat ini dugaan tersebut telah berjalan dan pihak Aparat Pemeriksaan Internal Pemerintahan (APIP) Kabupaten Sorong masih menangani sesuai dengan perintah bupati. 

“Laporannya sudah berjalan dan ditangani sesuai perintah bupati, hasilnya kami harapkan yang terbaik,” harap Turino.

Adapun pencairan yang dilakukan sejak tahun 2015-2018, dijelaskan Turino bahwa seluruhnya dicairkan berdasarkan laporan yang dilengkapi oleh Pemerintah Kampung Kuadas. Karena, DD tidak akan dicairkan apabila laporan pertanggungjawaban belum diserahkan. “Jadi, kalau ada yang bilang laporan belum diserahkan, tapi dana dicairkan, itu tidak benar,” tegasnya.

Dalam waktu dekat ini, lanjut Turino, pihaknya akan meninjau penggunaan DD di Kampung Kuadas. Namun, pihaknya lebih dulu meminta kepada Kepala Distrik Makbon untuk melakukan pengecekkan,karena terkendala personil. “Kalau untuk kerugian, bukan kewenangan saya untuk menyampaikan, itu ada pada Inspektorat dan APIP,” jelasnya. 

Salah satu tuntutan lain dari masyarakat yakni, pemberhentian Kepala Kampung. Namun, menurut Turino, pemberhentian tersebut harus melewati prosedur dan persyaratan. Adapun, pemberhentian yang dilakukan, menurutnya belum tentu menjadi salah satu solusi terbaik. “Intinya, mari berfikir untuk kemajuan kampung,” pungkasnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed