oleh

Longsor di Tembagapura, Akses ke Grasberg Tertutup

TIMIKA – Akses jalan dari Tembagapura menuju area tambang terbuka Grasberg di Distrik Tembagapura, tepatnya di Hied Road KM 6, Senin (1/2) kemarin tidak bisa dilalui kendaraan karena tertutup longsoran tanah dan bebatuan.

Kapolsek Tembagapura, Ipda Eduard Edison yang dikonfirmasi Radar Timika kemarin menyebutkan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. “Longsor di area Hied Road, akibat hujan deras. Dan dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa, maupun kerusakan kendaraan milik perusahan,” ungkapnya.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Namun kata Kapolsek, akses jalan dari Tembagapura di Mile Point (MP) 68 menuju ke Gresberg maupun sebaliknya, ditutup sementara karena memang tertimbun material longsoran. “Untuk sementara akses melewati Underground Ahgawahon, dengan menggunakan kendaraan roda empat untuk menuju ke area Gresberg. Sementara untuk para karyawan yang selesai melakukan aktivitas pekerjaan, akses bisa melewati atau menggunakan trem. Tapi yang mengunakan kendaraan roda empat, bisa melewati Ahgawagon,” urai Ipda Eduard. Kapolsek menjelaskan, Tim dari PT Freeport Indonesia sedang berada di lokasi untuk melakukan pembersihan material yang menutup akses jalan. 

Sementara itu, Vice President (VP) Coorporate Communications PT Freeport Indonesia, Riza Pratama saat dikonfirmasi Radar Timika, membenarkan peristiwa bencana alam tersebut. Namun, Riza memastikan jika peristiwa tersebut tidak mengganggu operasional PT Freeport Indonesia. “Hanya menutup akses jalan Grasberg. Kejadian ini tidak mengganggu operasional tambang,” kata Riza. Sejak 2020, PT Freeport Indonesia tidak lagi melakukan penambangan di Tambang Terbuka Grasberg. Aktivitas pertambangan kini mengandalkan kegiatan penambangan di bawah tanah. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed