oleh

Layanan Dukcapil Buka, Puluhan Warga Mengantre

SORONG-Puluhan warga mengantre untuk mengurus dokumen kependudukan maupun catatan sipil seperti KTP, KK, AKTA Nikah dan AKTA Lahir Anak di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Sorong. Hal tersebut akibat tutupnya pelayanan Disdukcapil karena kejadian pencurian 5 unit komputer beberapa waktu lalu yang membuat aktitvitas Dukcapil lumpuh.

“Ada mau urus perubahan data di KTP dan KK,” kata salah satu warga, Erin kepada Radar Sorong, Rabu (9/6).

Dari pantauan Radar Sorong, terjadi antrean sehingga ada warga yang tidak lagi menaati protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Sorong, Onesimus Assem,S.Sos.MBA mengatakan, Pelayanan sudah mulai dilakukan sejak hari Senin tanggal 7 Juni 2021 dan  Disdukcapil Kota Sorong kembali melayani seperti biasa.

“Jadi kita sudah mulai melayani dari hari Senin. Warga sudah bisa mengurus semua dokumen, baik KTP, KK, AKTA Nikah dan AKTA Lahir Anak. Jadi sudah kembali normal seperti biasanya dan sudah jalan lancar,” tegasnya kepada Radar Sorong, Rabu (9/6).

Lanjutya bahwa memasuki hari ke-3, pelayanan tetap berjalan seperti biasa. Dan warga pun dapat menikmati pelayanan Disdukcapil dengan menggunakan nomor antrean seperti biasa. “Nomor antrean tetap kita berlakukan karena situasi Covid-19. Kita tetap layani dan selesai dengan baik. Pelayanan mulai jam 8 pagi sampai jam 1 siang,” katanya.

Selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sorong, Ia menyampaikan mohon maaf kepada warga Kota Sorong atas insiden  pencurian yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Yang mengakibatkan 5 unit komputer hilang. “Sehingga kami tidak memberikan pelayanan bagi warga Kota Sorong. Hal ini menyebabkan aktivitas pelayanan  terhenti, kurang lebih dua minggu,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk kasus pencurian, masih ditangani pihak kepolisian. “Dan police line sudah dicabut,” katanya.

Onesimus, mengimbau agar warga Kota Sorong tetap menaati semua ketentuan-ketentuan protokol kesehatan. Menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak.  “Kami sudah selalu mengimbau seluruh warga Kota Sorong yang berurusan di dinas dukcapil tetap memperhatikan protokol kesehatan serta mematuhi mekanisme yang telah ditentukan oleh Dinas Dukcapil Kota Sorong,” pungkasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed