oleh

LASQI PB Ungguli 20 Provinsi

-Metro-418 views

Dalam Festival Seni Qasidah Tingkat Nasional di Kota Ambon

SORONG-  Turut serta dalam iven nasional , kontingen LASQI (Lembaga Seni Qasidah Indonesia ) Provinsi Papua Barat berhasil masuk 10 besar dari 30 provinsi pada Festival Seni Qasidah Tingkat Nasional   ke XXIV Tahun 2019 di Kota Ambon, Provinsi Maluku 25-29 November lalu.

 Berhasil mengungguli 20 provinsi di tanah air, yang membanggakan, pada  lomba qasidah tingkat remaja putri, kontingen LASQI Papua Barat meraih prestasi dengan berhasil meraih juara favorit.  

 Ketua DPD LASQI  Kota Sorong yang juga sebagai ketua kontingen LASQI Papua Barat, Sanusi Rahaningmas, S.Sos MM. S.Ip mengaku bangga dengan hasil yang diraih kontingen LASQI Papua Barat.

 “ Meskipun kita berhadapan dengan provinsi-provinsi yang sangat luar biasa dalam hal qasidah, vokalis gambus dan kolaborasi yang sangat mahir dan berpengalaman, tapi LASQI Papua Barat Alhamdulillah bisa menyaingi 20 provinsi lainnya sehingga berada pada urutan 10 besar setelah meraih 3 juara harapan  pada tiga mata lomba dan 1 juara favorit, ini membuat kami bangga ,”ujar Sanusi Rahaningmas dalam releasenya kepada Radar Sorong kemarin (2/12).

 Hasil yang diraih patut disyukuri, terlebih kata Sanusi yang juga legislastor DPD RI dari Papua Barat ini mengatakan, persiapan yang dilakukan kontingen LASQI Papua Barat ini juga sangat singkat yakni hanya 1 bulan. “Persiapan hanya 1 bulan karena terlambatnya edaran atau surat pemberitahuan karena kondisi alam Kota Ambon  belakangan ini sering tertimpa gempa bumi tapi itu tidak menyurutkan semangat para kontingen dari berbagai provinsi  yang ikut ambil bagian dalam festival LASQI tingkat nasional ini, termasuk kontingen dari Provinsi Bali dan NTT (Nusa Tenggara Timur),”ujar Sanusi.

 Dalam kegiatan ini, LASQI Papua Barat mengikuti beberapa mata lomba yakni lomba qasidah rebana klasik  tingkat remaja putra dan putri serta dewasa  putrid, lomba  vokalis gambus yang terdiri dari anak-anak putra dan putrid, remaja putra dan putrid serta dewasa putra dan putri.

  Kontingen LASQI Papua Barat berjumlah 65 orang  yang terdiri dari provinsi 8 orang, Kabupaten Sorong 8 orang, Tambrauw 6 orang, Fakfak 1 orang dan Kota Sorong 40 orang.  “LASQI Papua Barat datang dengan jumlah kafilah terbesar ke empat setelah tuan rumah Maluku, Sumatra Utara dan Sulawesi Tenggara,”imbuh Sanusi.

 Yang patut diapreseasi, lanjutnya, pada festival qasidah tingkat nasional di Ambon tahun ini, bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar mencari juara  tapi juga sebagai ajang silaturahmi  sesame umat muslim dan juga umat lainnya.  Hal ini terlihat dari kepanitiaan yang juga melibatkan saudara kita yang non muslim . “Ketua panitianya Sekda Kota Ambon  dan walikotanya bukan muslim tapi panitia semua begitu terpanggil menyukseskan kegiatan ini. Itu yang kami bangga,”tandas Sanusi seraya memuji pelayanan panitia kepada kontingen LASQI Papua Barat yang dinilai sangat luar biasa.

 Atas apreseasinya itu, atas nama kontingen LASQI Papua Barat, ia pun menyampaikan terima kasih kepada walikota dan Sekda Kota Ambon serta segenap panitia  yang telah menyukseskan festival qasidah tingkat nasional ini. 

  Ucapan terima kasih yang telah mendukung kontingen LASQI Papua Barat juga disampaikan kepada gubernur dan Wagub Papua Barat, Kepala Badan Keuangan Provinsi Papua Barat dan pihak terkait lainnya , seraya berharap suatu saat Provinsi Papua Barat bisa menjadi tuan rumah Festival Qasidah tingkat nasional. (ros)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed