oleh

Lapas Sorong Berhasil Kembangkan Tanaman Sawi Putih di Green House

SORONG-Berbagai upaya terus dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sorong dalam membina para warga binaannya menjadi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang produktif dan berdayaguna dengan menghadirkan sejumlah terobosan, di antaranya program pembinaan kemandirian bercocok tanam bagi WBP.

Lapas Sorong bersama warga binaan telah menanam bibit Sawi Putih pada green house yang terdapat di dalam Lapas dengan menggunakan metode fertigasi kapiler. Sawi Putih yang ditanam dan diletakkan ke dalam green house tersebut telah tumbuh dengan baik, subur dan siap untuk dipanen.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Sorong, Gustav Rumaikewi bersama petugas lapas dan WBP menggelar panen perdana sayuran Sawi Putih dengan hasil yang cukup signifikan. Program pembinaan kemandirian yang digalakan oleh Lapas Sorong ini bertujuan untuk melatih WBP agar bisa bercocok tanam ketika bebas nanti dan berbaur di lingkungan masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Papua Barat, Anthonius M. Ayorbaba memberikan apresiasi yang tinggi kepada Lapas Sorong dan berharap agar kegiatan serupa dapat ditiru oleh Lapas dan Rutan lainnya yang berada di wilayah Papua Barat.

Selain menggelar panen perdana, terlihat juga beberapa kegiatan yang dilakukan di dalam lingkungan lapas, diantaranya pemasangan umbul-umbul dan latihan tarian tradisional serta dance dalam rangka menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke-75.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed