oleh

Kurangi Pengangguran, Bappenas Hadirkan SDC

-Sorong Raya-416 views

SORONG- Untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Sorong yang kian menjelit tajam dalam beberapa tahun belakangan ini. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Indonesia berinisiasi membentuk organisasi Skill Development Center (SDC) di Kota Sorong. SDC sudah tersebar di 20 daerah di Indonesia. Pendirian organisasi SDC ini juga melibatkan berbagai instansi salah satunya Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong.

Wakil Wali Kota Sorong, dr Pahimah Iskandar, sangat mendukung dengan adanya pembentukan organisasi SDC yang digunakan untuk melatih keterampilan pemuda di Kota Sorong, sehingga siap tampil di dunia kerja.

“Saya berharap supaya anak-anak kita bisa bersaing untuk masuk ke perusahan dan lainnya, karena dengan pembentukan SDC ini bisa membantu mengurangi angka pengangguran di Kota Sorong,” jelasnya usai menghadiri kegiatan Pendalaman Pemahaman Konsep dan Pembentukan Organisasi SDC Kota Sorong sekaligus penyiapan MoU di SwissBel Hotel Sorong, Rabu (4/12). 

Sementara itu, Ketua SDC Sulawesi Selatan, Dr. Ir Affandy A. Aris SE, MM mengatakan program SDC ini digagas oleh Kementerian Bappenas bersama dengan Kementerian Tenaga kerja, Perindustrian dan Kementerian Perekonomian untuk bekerja bersama sesuai dengan Inpres nomor 9 tahun 2016 guna meminta seluruh sekolah sekolah vokasi di revitalisasi.

“Jadi tanggung jawab ini bukan hanya tingkat kementerian tapi di 34 provinsi yang diberikan untuk bagaimana sumber daya manusia Indonesia bisa lebih ditingkatkan, jika SDM tidak ditingkatkan, maka kita akan kalah dengan negara tetangga,”ungkapnya.

Affandy mengatakan, Kota Sorong memiliki potensi besar di dunia usaha, industri maupun dunia pelatihan dan pendidikan, pemerintahan dan akademis yang harus berkolaborasi, sebab untuk mengatasi pengangguran tidak harus berjalan sendiri.

“Kita harus sama-sama menekan jumlah pengangguran, karena pada tingkat nasional jumlah pengangguran tertinggi di Indonesia masih didominasi oleh lulusan SMA sederajat termasuk SMK,”ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BLK Sorong Herman Bija, mengatakan, Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong sebagai penyangga dana organisasi SDC, sehingga BLK Sorong yang akan memfasilitasi organisasi tersebut. Oleh karena itu, dirinya berharap SDC bisa berkembang di Kota Sorong dan kedepannya menjadi replikasi di kabupaten dan kota se Provinsi Papua Barat.

“Tujuan dari SDC itu bagaimana agar tingkat pengangguran itu ditekan dengan cara memberikan pelatihan kepada para tenaga kerja, sehingga mereka memiliki skill. Kemudian pembentukan SDC ini harus sesuai dengan potensi wilayah yang ada di daerah atau Indonesia pada umumnya,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed