oleh

Kurangi Gangguan Listrik, PLN Pangkas Ratusan Pohon

-Ekonomi-135 views

SORONG– Padam listrik yang terjadi di wilayah Sorong Raya seringkali disebabkan oleh beberapa hal. Sebagai upaya meminimalisir terjadinya gangguan yang mengakibatkan pemadaman listrik, Manager PT PLN Persero UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Sorong Martha Adi Nugraha mengatakan, pihaknya melakukan pekerjaan perabasan dan penebangan pohon yang jaraknya dekat dengan jaringan PLN sebanyak 351 kms atau 3347 batang.
Selain itu PLN UP3 Sorong juga melakukan pekerjaan sempurna section 1 yaitu penggantian dan peremajaan material atau peralatan rusak atau yang tua, meliputi pemasangan cover untuk pelindung peralatan dari gangguan hewan sebanyak 680 set, rekonduktor jaringan sebanyak 15 kms, dan penggantian material lainnya.
Lanjut dikatakan Adi Nugraha, pemasangan ijuk atau penangkal hewan ular sebanyak 3164 titik. PLN UP3 Sorong juga melakukan rehabilitasi gardu rawan banjir sebanyak 23 titik, yang saat ini masih dalam proses pekerjaan. Selain itu, PLN UP3 Sorong juga memasang peralatan penangkal petir di beberapa daerah rawan petir sebanyak 60 titik.

“Dari beberapa program kerja tersebut diharapkan dapat terus berdampak terhadap kehandalan kelistrikan sistem Sorong dalam segala kondisi seperti hujan, petir, banjir, dan tentunya berdampak kembali terhadap kepuasan pelanggan terhadap kinerja PLN,” jelasnya.
Adi, juga mengatakan bahwa beberapa waktu lalu terjadi pemadaman listrik itu dikarenakan adanya gangguan eksternal. “Kalau padam kemarin karena ada gangguan, yaitu kelelawar yang terbang menganai jaringan,” ujarnya.
Adapun beberapa tiang listrik yang mengalami kemiringan di Kota Sorong. Menurutnya, PLN akan melakukan perbaikan namun bertahap. “Jika kemiringannya sudah parah tetap harus kita perbaiki. Bertahap jika melakukan perbaikan karena untuk memperbaiki kita butuh padamkan listrik,” jelasnya.
Berbagai upaya yang dilakukan PT PLN UP3 Sorong itu menindaklanjuti pemberitahuan terkait peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi potensi bibit siklon tropis 94w yanh disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru-baru ini. PT PLN (Persero) UP3 Sorong sudah berupaya melalui program kerjanya untuk menjalankan beberpa program kerja terkait peningkatan kehandalan dan mitigasi terhadap beberapa pontensi.
Adi juga menambahkan bahwa PLN UP3 Sorong berharap kepada masyarakat agar mendukung PLN untuk melakukan perabasan dan penebangan pohon. “PLN ijin untuk pangkas pohon. Karena memasuki periode cuaca ekstrem, sangat berbahaya jika pohon menyentuh jaringan PLN. Selain menyebabkan padam, juga akan menyebabkan pohon tersebut terbakar,” pungkasnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed