oleh

Kue Armada Hentikan Prosesi Pemusnahan Miras

HUT Bhayangkara ke-74,  TNI AL-Polisi Mesra, Polres Sorkot Musnahkan CT dan Sopi

SORONG – Di Hari Bhayang­kara ke-74, 1 Juli kemarin,   Panglima Koarmada  III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) diwakili Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah  memberikan kejutan kepada jajaran Polri, khususnya Polres Sorong ­Kota. 

Kejutan  ini terlihat  saat Kepala Staf Armada Laksma TNI Maman Firmansyah dan rombongan tiba-tiba muncul di tengah prosesi pemusnahan miras Cap Tikus dan Sopi ­dalam rangka HUT Bhayangkara ke 74. Saat tinggal menuangkan miras dari botol- botol air mineral ukuran  1.6 liter, orang nomor dua di Koarmada III berserta ­pasukan satu bus dengan sejumlah ­perwira berpangkat melati di pundak turun dari bus.

Mereka turun dan memberikan surprise bagi Kapolres Sorong Kota AKBP. Ary Nyoto Setiawan, S.IK dan undangan termasuk Wakil Wali Kota Sorong dr. Hj. Pahima Iskandar. ­Dengan kedatangan Kepala Staf Koarmada III beserta rombongan, sejenak prosesi pemusnahaan miras terhenti  dan undangan diminta berdiri menyambut kadatangan Laksma TNI Maman Firmansyah. 

Anggota Koormada membawa turun spanduk selamat HUT Bhayangkara ke 74 dan kue ulang tahun. Kue Ultah dari Koar­mada III pun diserahkan dengan ­d­iikuti pemberian ucapan selamat kepada Polri yang Ultah ke-74.

Hanya butuh waktu 5 sampai 20 menit rombongangan ­Koarmada meninggalkan halaman gedung pertemuan Doyo. Undangan pun berlanjut ­dengan pemusnahan miras lokal CT dan Sopi senilai Rp. 58 juta ­Wakil Wali Kota, Kasrem, perwakilan Koarmada III, perwakilan ­Lantamal XIV, Dandim, Kajari serta Ketua Kerukunan Ikaswara Tupono dan Ketua KKSS Syamsuddin Johan memegang botol berisi miras dituangkan ke tempat pembuangan dan dialirkan ke selokan. Usai pemusnahan dan penandatanga­nan berita acara, undangan kembali masuk ke gedung ­untuk mengikuti syukuran.

Kegiatan tetap  menerapkan protokol kesehatan seperti ­cuci tangan dengan sabun,  pengu­kuran suhu tubuh, memakai hand sanitizer serta menggunakan masker yang sudah  disiapkan panitia. Upacara HUT Bhayangkara sendiri dilakukan secara virtual dari Istana ­Negara dengan Inspektur Upacara ­Presiden Joko Widodo. Untuk acara syukuran usai sambutan Kapolres dan Wakil Walikota dilanjutkan dengan pemo­tongan tumpeng oleh Kapolres diserah­kan ke Wakil Walikota serta pemotongan kue dari Koar­mada III oleh Kapolres diserahkan kepada anggota termuda ­Bripda Koibur.

Dalam releasenya kepada Radar Sorong, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) ­Koarmada III   Kolonel Laut Drs Abdul Kadir, M.A.P menuturkan pemberian kejutan kue Ultah diikuti dengan pemberian ucapan selamat dari Pangkoarmada III. “Panglima ­Komando Armada III beserta seluruh prajurit mengucapkan Dirgahayu Hari Bhayangkara ke-74, Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif.”  Dalam pemberian kejutan kue Ultah di Polres untuk Polri ini, Pangkoarmada III  tengah  meng­hadiri upacara Hari Bhayangkara ­ke-74 di Mapolda Papua Barat, Jl. Pahlawan Sanggeng, ­Manokwari, Papua Barat. 

Tidak hanya di Polres Sorong Kota, saat yang bersamaan,  Pangkoarmada III yang ­diwakili Komandan Polisi Militer Koarmada III Kolonel Laut (PM) Boy Herman,SH, juga menyampai­kan ucapan selamat Hari Bhayang­kara ke-74 kepada segenap anggota Polri yang bertugas di Batalyon B Pelopor Jl. Teratai Kel. Suprau Distrik Maladumes, Kota Sorong.

Pemberian ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-74 oleh TNI AL (Koarmada III, Lantamal XIV, Pasmar 3) kepada Batalyon B Pelopor Satbrimobda Papua ­Barat diikuti sekitar 50 orang anggota Brimob. Pada kesempatan ini juga hadir Dansatkopaska ­Koarmada III Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr. ­Hanla., Sahli Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Moh. Lukman Hakim, S.Sos., M.A.P., Dansatran ­Koarmada III Kolonel Laut (P) Bambang W, serta Danbrigif 3 Marinir Kolonel Mar Edi Prayitno. 

Wadanyon B Pelopor AKP Jandry Denny Sairlela menyam­paikan terimakasih sebesar-­besarnya kepada TNI AL baik dari Koarmada III, Lantamal XIV Sorong, Pasmar 3 Sorong atas kejutan dan ucapannya yang diberikan kepada segenap anggota Polri pada Hari Bhayang­kara ke-74 ini. “Kerja sama dan sinegritas TNI-Polri telah terjalin dengan baik dan semakin baik untuk bersama-sama ­menjaga wilayah Sorong, Papua Barat menjadi lebih baik,” ­ujarnya. Acara tersebut ­diakhiri pemotongan kue ulang tahun oleh Wadanyon Brimob B ­Pelopor, foto bersama dan ramah-­tamah. 

Sementara itu, mem­peringati HUT Bhayangkara, Polres Sorong turut serta dalam pelaksanaan upacara virtual di Ruang Patria Tama Polres Sorong yang ­dipimpin langsung oleh ­Presiden RI, Joko Widodo di Istana ­Negara, Jakarta. Pelaksanaan upacara virtual tersebut berlangsung tertutup. 

Kapolres Sorong, AKBP ­Robertus A Pandiangan S.IK menyampaikan, sesuai dengan tema  HUT ke-74 Bhayangkara yakni, “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Makin Produktif”, maka Polri bersama TNI mendukung upaya Pemerintah untuk pencegahan dan me­mutus mata rantai Covid-19.  “Apalagi ini sudah masuk dalam new normal, masyarakat melakukan aktivitas dengan normal namun dengan kebiasaan yang baru,” ucapnya. 

Dengan penerapan new normal tersebut, Polri dan TNI bekerja sama untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan melalui sosialisasi dan dengan cara yang ­humanis. Dimana penindakan tidak dilakukan, melainkan memberikan solusi melalui pem­bagian masker kepada masyarakat.  “­Kami tidak ada penindakan, tetapi dengan cara yang humanis kami bagikan masker ke masyarakat yang belum menggunakan,” ucapnya. (**/ros/nam) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed