oleh

KSP Mitra Sejati Bagikan 250 Paket Sembako

AIMAS– Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaku Usaha Kecil dan Mikro (UKM) di Kabupaten Sorong yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati Cabang Aimas membagikan 250 paket Sembako kepada pelaku UKM di Kabupaten Sorong di 2 titik yakni, Dinas Koperasi dan Polres Sorong, Senin (15/6). 

Branch Manager (BM) KSP Sahabat Mitra Sejati cabang Aimas, Agusteyn Kore Tuka menyampaikan, 10 ribu sembako rencananya akan dibagikan secara bertahap di seluruh Indonesia. Untuk Cabang Aimas memperoleh 250 sembako yang dibagikan secara terpisah melalui Dinas Koperasi dan Polres Sorong. 

“Kami membagikan 250 Sembako, 100 Sembako di Dinas Koperasi dan 150 lagi dibantu oleh Polres Sorong,” ucapnya kepada media. 

Selain itu, penerima bantuan tersebut yakni masyarakat anggota koperasi yang tekena dampak Covid-19. Selain pembagian Sembako, KSP Sahabat Mitra Sejati juga memberikan keringanan bagi para nasabahnya dalam bentuk keringanan angsuran. 

“Kalau keringanan yang kami berikan itu restruktur, jadi bisa melapor ke kantor dan akan dibantu, pembayaran bisa ditunda atau pengurangan jumlah angsuran,” terang Agusteyn. 

Sementara itu, Ketua I KSP Sahabat Mitra Sejati, Ceppy L Mulyana menyampaikan, kegaitan tersebut diikuti oleh sekitar 20 kota atau kabupaten di Indonesia. Kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan anggota KSP Sahabat Mitra Sejati dalam hal penngadaan paket Sembako. 

“Kami bekerja sama dengan anggota kami dalam pengadaan paket Sembako di masing-masing wilayah, sehingga pelaku UMKM juga diberdayakan dan lebih banyak pihak yang mendapatkna manfaat,” terangnya. 

KSP Sahabat Mitra Sejati sendiri memiliki hampir 100 jaringan kantor cabang yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia. Sepanjang 2019, KSP Sahabat Mitra Sejati telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 3 triliun kepada 6000 anggota. Untuk 3 bulan pertama di Tahun 2020, pinjaman yang disalurkan mencapai Rp 1 triliun ke lebih dari 2.500 anggota. 

“Jumlah ini meningkat lebih dari 10 persen, jika dibandingkan dengan jumlah yang disalurkan pada periode yang sama tahun sebelumnya,”ungkapnya. 

Sementara itu, Kabid Kelembagaan Koperasi dan UKM Dinas Koperasi Kabupaten Sorong menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut yang turut membantu kondisi pelaku UKM yang terdampak Covid-19. 

Kabupaten Sorong sendiri memiliki 144 koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi namun yang aktif hanya 40 koperasi. Dari sekian banyak koperasi, hanya KSP Sahabat Mitra Sejati yang menyalurkan bantuannya melalui Dinas Koperasi. “Kalau yang lain kami belum tahu, mungkin secara langsung kepada anggotanya, tapi kalau melalui kami baru 1 ini,” terangnya. 

Sementara itu, salah satu warga yang menerima bantuan tersebut menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut, karena diakuinya pendapatan di tengah pandemi Covid-19, sangat jauh berkurang mencapai 50%. “Kalau jual pinang itu, bisa turun sampai 50 persen. Pinang yang dibeli ini bisa habis seminggu,” terang Rita Katurangi kepada wartawan. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed