oleh

KPU RI Pantau Penghitungan Ulang di Pegaf

-Manokwari-590 views

MANOKWARI-Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan penghitungan suara ulang di salah satu TPS (tempat pemungutan suara) di Distrik Taige, Kabupaten Pegunungan Arfak. Penghitungan suara ulang hanya  untuk perolehan suara DPRD Kabupaten Pegunungan Arfak.

Ketua KPU Provinsi Papua Barat, Amus Atkana, SPt, MM kepada wartawan mengatakan, pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Bawaslu Papua Barat, KPU Kabupaten Pegaf dan Polda Papua Barat. Diputuskan penghitungan suara ulang di TPS Kampung Disura, Distrik Taige ini digelar 20 Agustus 2019.

Walau hanya penghitungan suara ulang pada 1 TPS, namun mendapat perhatian dari KPU RI, Bawaslu dan Polri. KPU RI dan Bawaslu akan mengutus komisionernya untuk melihat dan memantau pelaksanaan penghitungan suara. Demikian pula aparat keamanan akan melakukan pengawalan hingga selesai.

Amus Atkana mengatakan, penghitungan suara ulang di TPS Kampung Disura, Distrik Taige sangat menentukan kursi DPRD Pegunungan Arfak. Jumlah DPT (daftar pemilih tetap) 240 pemilih. Penghitungan akan dilaksanakan di ibukota kabupaten Pegaf disaksikan berbagai pihak.

“Kami sudah lakukan rapat terbatas, Polda Papua Barat siap melaksanakan pengamanan, Bawaslu siap mengawasi dan KPU siap melakukan penghitungan ulang. Akan datang juga KPU RI,” jelasnya.

Para pihak diminta untuk tetap tenang mengikuti proses, tidak melakukan provokasi. Kondisi masyarakat Pegaf yang  homogeny harus tetap dijaga. “Siapa  yang akan terpilih akan terlihat  saat penghitungan suara ulang. Mari kita ikuti proses yang ada,’’ ujarnya.

Kotak berisi surat suara di TPS Kampung Disura yang telah tercoblos lanjut Atkana, dalam posisi tersegel dan diamankan Polsek Anggi. “Hasil penghitungan ulang ini sangat mempengharuhi perolehan kursi DPRD Pegaf,” katanya.

Pemilu Pegaf terbagi dalam dua daerah pemilihan dengan memperebutkan 20 kursi DPRD. Atkana mengatakan, 1 TPS  yang melaksanakan penghitungan suara ulang terdapat di dapil 1.  Hasil penghitungan akan dibawa lagi ke MK untuk diputuskan. “Kita memperkirakan sekitar tanggal 10 September KPU Pegaf gelar rapat penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih,” ujarnya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed