oleh

KPU Mulai Lakukan Tahapan Pilkada

KAIMANA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, telah memutuskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Hal ini tertuang didalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 5 Tahun 2020, tentang perubahan ketiga atas PKPU RI Nomor 15 Tahun 2019 tentang tahapan program dan jadwal penye­lenggara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau walikota dan wakil walikota.
Selain itu KPU RI juga mengeluarkan PKPU RI Nomor 258/PL-02-Kpt/01/KPU/VI/2020, tentang penetapan pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau walikota dan wakil walikota, serentak lanjutan tahun 2020.
Atas dasar PKPU RI tersebut, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaimana, mengeluarkan surat keputusan Nomor 256/HK.03.1-Kpt/928/KPU-KAB/VI/2020 tentang penetapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Kaimana lanjutan tahun 2020.
Sehingga sejak 15 Juni 2020 KPU Kaimana, kembali melanjutkan tahapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kaimana tahun 2020. Serta pengaktifan kembali badan adhock, pelaksana Pilkada Kaimana 2020 serta melanjutkan tahapan berikutnya.
“Pilkada Kabupaten Kaimana tetap dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020 berdasarkan PKPU RI. Saat ini kita sudah mulai bekerja untuk melanjutkan tahapan berikutnya.
Untuk pengaktifan kembali seluruh badan adhock, terhitung sejak dikeluarkan PKPU ini yakni tanggal 15 Juni 2020,” jelas ketua KPU Kaimana Kristian Maturbongs ditemani tiga Komisioner KPU Kaimana, serta Sekretaris KPU Kaimana pada konprensi Pers di Kantor KPU Kaimana, Senin (15/6) malam.
Dikatakan Maturbongs, jika dirinya akan menyampaikan keputusan-keputusan yang diterima oleh pihaknya kepada stakeholder terkait tentang kelanjutan tahapan Pilkada Kaimana.
“Akan kami sampaikan ke Bupati, Ketua DPRD dan semua stakeholder yang ada, palin terlambat hari Selasa,” katanya.
Sementara itu Monica Hunga Andung, Komisioner KPU Kaimana ketika memberikan keterangan Persnya mengatakan, setelah diaktifkan badan adhock, maka pihaknya akan mulai melakukan tahapan sosialisasi kepada masyarakat.
“KPU Kaimana akan mensosialisasikan tentang Pilkada lanjutan yang akan dilaksanakan 9 Desember 2020. Karena sebelumnya masyarakat Kaimana tahu, itu akan dilaksa­naka pada tanggal 23 September 2020. Ini akan menjadi tugas kami untuk mensosialisasikan kembali,” jelasnya.
“Akan tetapi karena situasi saat ini ditengah pandemi Corona, maka kami juga akan menggunakan metode yang akan kami desain. Hal ini terlepas dari pemasangan baliho maupun sejenisnya,” lanjutnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed