oleh

KPU-Kejari Tandatangani MoU

SORONG – KPU Raja Ampat dan KPU Sorong Selatan (Sorsel) menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong dibuktikan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU), Rabu (1/7). Kepala Kejaksaan Negeri Sorong, I Ketut Maha Agung mengungkapkan, kerjasama ini untuk memberikan pendampingan hukum perdata ­ketika terjadi permasalahan yang dialami oleh KPU yang bersangkutan.

“Kita berikan pendampingan maupun bantuan hukum perdata dan konsultasi hukum bila nanti terjadi perkara yang dialami di KPU Raja Ampat maupun KPU Sorsel. Koordinasi secara teknis kami lakukan melalui rapat-rapat, selan­jutnya seminggu sekali akan dievaluasi kembali,”  jelasnya saat ditemui usai penandatanganan MoU di Aula Kejaksaan Negeri Sorong, Rabu (1/7).

Ketua KPU Raja Ampat, Steven Eibe mengaku mengapresiasi terjalinnya kerjasama ini. Penandatanganan MoU ini meru­pakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dirajut oleh KPU Provinsi Papua dengan Kejaksaan Tinggi Papua Barat. 

Menurutnya, ketika terjadi kendala saat proses tahapan pilkada, pihaknya akan berkoordinasi dengan dengan pihak kejaksaan, untuk bagai­mana bisa bersama-sama melaksanakan tahapan ­dengan menghindari persoalan-­persoalan hukum yang mungkin terjadi internal KPU Raja Ampat.

Sementara itu, Ketua KPU Sorong Selatan, Ester Homer mengungkapkan dengan ­adanya kerjasama ini akan terjalin relasi dan komuni­kasi yang baik kedepannya. Baginya kerjasama ini sangat penting untuk dilakukan dalam bidang tata usaha Negara maupun dalam menyelesaikan persoalan yang mungkin terjadi saat pilkada nanti. Dalam kerjasama ini pihak Kejaksaan juga akan memberikan pendampingan terhadap penggunaan ­anggaran pilkada yang dialokasikan, agar bisa digunakan sesuai per­untukannya. (ayu/hjw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed