oleh

KPU Imbau Warga Lapor Penyelenggara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaimana belum lama ini telah mengeluarkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Kaimana tahun 2020. Dalam DPS ini ada masyarakat selaku calon pemilih, apabila tidak tertdaftar namanya meski sudah didata oleh Pantarlih pada RT setempat.
Menanggapi hal tersebut Komisioner KPU Kaimana Candra Kirana, ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan partisipasi dan tanggapan masyarakat, untuk melapor ke penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU, PPD dan PPS.
“Untuk yang tidak ada nama dalam DPS, kami meminta tanggapan masyarakat untuk melapor ke penyelenggara baik ke KPU, PPD dan PPS. Kami persilahkan, sehingga kami dapat melakukan validasi benar atau tidak namanya tidak terdaftar. Untuk selanjutnya kami masukan ke dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan sehingga penetapan DPT namanya sudah tercover,” jelasnya ketika dikonfirmasi di Kantor KPU Kaimana, Jumat (25/9).
Dikatakan Candra, tidak terdaftarnya seseorang dalam daftar DPS diakibatkan karena adanya data calon pemilih, sebelumnya berdomisili di wilayah lain namun nama calon pemilih tersebut muncul pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) lain.
“Permasalahan terjadi karena, akibat yang bersangkutan bertempat tinggal sebelumnya di wilayah lain, namun terdaftar di TPS lain. Sehingga kami meminta tanggapan masyarakat, untuk melaporkan untuk kami croscek,” kata Chandra.
Candra menuturkan, untuk tanggapan masyarakat dibuka untuk tingkat PPS sepuluh hari, sedangkan untuk tingkat kabupaten batasan waktunya sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).
“Pada tanggal 18 Oktober 2020 nanti masih ada waktu untuk masyarakat melaporkan. Untuk melapor nanti, disertakan juga KTP dan KK, intinya dokumen administrasi yang dibutuhkan,” ujarnya.(fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed