oleh

KPU Diingatkan Bekerja Secara Profesional

-Manokwari-435 views

MANOKWARI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sembilan daerah Provinsi Papua Barat yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 diingatkan untuk bekerja secara profesional serta menjaga integritas.

Komisioner KPU RI Wahyu Setyawan pada kunjungan kerja di Manokwari, Rabu, memberi apresiasi atas pelaksanaan Pemilu serentak 17 April 2019. Meskipun masih terdapat kekurangan namun KPU di daerah tersebut dinilai cukup sukses dalam menyelenggarakan Pemilihan Presiden (Piplres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) saat itu. 

“Tak ada gading yang tak retak, tapi secara umum Papua Barat membanggakan kita bersama. Pemilu 2019 di Papua Barat berjalan aman, damai dan demokratis. Selain itu angka partisipasi masyarakatnya pun cukup tinggi, mencapai 85 persen,” kata Wahyu.

Selanjutnya, kata Wahyu, dari sekian banyak perselisihan hasil pemilu di Papua Barat yang berujung pada sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) sebagian besar dimenangkan oleh KPU. “Ini adalah prestasi, artinya terbukti bahwa kita sudah bekerja secara profesional dan independen pada Pemilu serentak 2019.  Saya berharap ini menjadi modal pada pelaksanan Pilkada 2020,” sebutnya.

Ia menjelaskan, secara teknis pelaksanaan Pilkada akan lebih sederhana. Meskipun demikian, boleh jadi potensi konfliknya akan lebih tinggi dibanding Pilpres dan Pileg.

Wahyu menekankan agar komisioner KPU di sembilan daerah Papua Barat mengedepankan aspek pelayanan dengan memperhatikan empat hal yakni pemilih, penyelenggara, peserta pemilu serta logistic. “Pemilu ini akan berjalan baik dan lancar jika ada pemilih, penyelenggara, peserta dan logistik. Kedepankan aspek pelayanan karena kita dipilih dan dibayar dengan uang rakyat itu untuk memberikan pelayanan,” jelasnya.

Ia juga menekankan agar KPU di seluruh daerah segera berbenah jika masih ada persoalan internal. Seluruh komisioner hingga staf sekretariat harus bekerja secara solit. “Ini yang terpenting, dengan solit maka separuh keberhasilan dalam melaksanakan Pilkada sudah kita raih. Maka jika masih ada persoalan di internal harus segera dibenahi,” katanya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed