oleh

KPPN Gelar Evaluasi dan Apresiasi Kinerja Pengelolaan Keuangan 

SORONG – Bertempat di Hotel Vega Sorong, KPPN Sorong menggelar acara Rapat Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan Pelaporan Keuangan Satuan Kerja Semester I Tahun 2019. Dengan mengusung tema: Satu komitmen mewujudkan kinerja pelaksanaan anggaran berkualitas. Diharapkan satker berbenah diri untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan yang lebih baik, transparan dan akuntabel.

  Hadir pada acara tersebut para Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja lingkup KPPN Sorong sebanyak 116 Satuan Kerja. Terdiri dari Kota Sorong, Kab. Sorong, Kab. Sorong Selatan, Kab. Raja Ampat, Kab. Tambrauw dan Kab. Maybrat.

  Dalam sambutannya, Kepala KPPN Sorong, Juanda, menyampaikan  realisasi sampai dengan Semester I tahun 2019 sebesar Rp 1,44 triliun (34,73 persen) dari pagu APBN yang dikelola sebesar Rp 4,14 triliun. Realisasi tersebut meliputi belanja Satuan Kerja sebesar Rp938,20 miliar dan belanja DAK Fisik dan Dana Desa sebesar Rp500,85 miliar Realisasi tersebut masih dibawah target nasional 40%. Sedangkan kualitas pengelolaan anggaran dari nilai IKPA semester I tahun 2019 rata-rata sebesar 85.75 

  Untuk mewujudkan kinerja pelaksanaan anggaran yang berkualitas maka diperlukan sinergi yang kuat dan kepedulian dari semua pihak. KPPN sebagai ujung tombak dalam pengelolaan keuangan negara di daerah siap mengawal dan mendukung satker dalam mewujudkan kinerja anggaran yang lebih baik dan pruden sembari tetap menjaga akuntabilitas dan kehati-hatian, lanjut Juanda dalam sambutannya.

  Dalam acara tersebut, KPPN Sorong memberikan apresiasi dan penghargaan kepada satuan kerja dengan kinerja terbaik. Terdiri dari empat kategori. Pertama, kategori Satker dengan 12 Indikator Penilaian IKPA. Raihan terbaik pertama dicapai oleh Polres Sorong. Disusul dengan Koarmada III dan Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III Provinsi Papua Barat-Maybrat. Kategori kedua, dengan  10-11 Indikator Penilaian IKPA. Terbaik pertama diraih oleh KPPN Sorong, diikuti Balai Besar Konservasi SDA Papua Barat dan RRI Sorong. Untuk kategori ketiga dengan 8-9 Indikator Penilaian IKPA, terbaik pertama diraih oleh KPKNL Sorong, diikuti KPP BC Sorong dan Pengadilan Negeri Sorong. Sedangkan untuk kategori Pelaporan Keuangan, terbaik pertama dimenangkan oleh BPS Kota Sorong, diikuti Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Sorong dan Balai Besar Konservasi SDA Papua Barat.

  Selain apresiasi dalam bentuk plakat dan piagam penghargaan, diberikan fasilitas bebas antrian dalam menerima pelayanan dari KPPN Sorong. Apresiasi tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja satuan kerja dan menunjukkan komitmen yang tinggi dari KPPN dalam memberi pelayanan. Dengan meningkatnya kinerja satker diharapkan dapat membawa manfaat dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Sorong Raya.(***/akh)  

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed