oleh

KPH Papua Barat Ditetapkan 21 Unit

-Metro-101 views

SORONG-Sejalan dengan penyelesaian Rencana Kehutanan Tingkat Provinsi (RKTP) Papua Barat 2021-2040, maka Conservation International bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan memberikan pelatihan penyusunan RPJHP bagi KPHP/L di Papua Barat. 

Kepala Bidang Tata Hutan dan Pemanfaatan Kawasan Dinas Kehutanan PB, Jimmy Susanto mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk membantu proses penyusunan RPJHP agar dapat diselaraskan dengan RKPT Papua Barat 2021-2040, terutama bagi KPHP/L yang saat ini sedang menyusun atau merevisi RPHJP.

“Kami memfasilitasi penyusunan rencana pengelolaan hutan jangka panjang, pada Kesatuan Pengelolaan Hutan di Provinsi Papua Barat. Sesuai SK Menteri Kehutanan nomor 744 nomor 2 tahun 2009 sudah ditetapkan 21 unit KPH di Papua Barat. Jadi dari 21 unit terbagi 16 KPHP dan 5 KPHL. Untuk operasional harus punya rencana pengelolaan hutan jangka panjang. Sehingga dengan kegiatan ini kita coba membantu fasilitasi KPH yang ada ini penyusunan rencana pengelolaan hutan jangka panjang,” jelasnya.

Sementara itu,Senior Manager Landscape CI PB, Yance de Fretes, menyebutkan, Conservation Internasional Papua Barat diminta bantuan oleh Kementerian KLHK untuk membantu menyusun rencana kehutanan tingkat provinsi RKTP untuk Papua Barat. Itu sudah diselesaikan dan sebagaimana diatur dalam peraturan KLHK yaitu penyusunan rencana kehutanan di daerah itu semua harus mengacu kepada RKTP yang tingkat provinsi.

Ia menyebutkan, Sebenarnya ada dua kendalanya, yaitu keterbatasan SDM dan keterbatasan data-data, misalnya kalau kita mau menyusun mengelola hutan di KPH itu harus minimal mengetahui yang berpotensinya apa. Misalnya potensi ekowisata. “Kebanyakan nggak punya gitu, itu yang kita usahakan dulu melatih yang utama dulu bagaimana menyusun RPJHP sesuai dengan RKTP,” pungkasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed