oleh

Kota Kembali Dibanjiri Durian Manokwari

-Ekonomi-172 views

SORONG – Buah Durian kembali membanjiri Kota Sorong. Seperti musim Durian lalu, kali ini durian yang dijual di sepanjang ruas jalan itu adalah Buah Durian dari Manokwari. Pantauan Koran ini, sejak 10 hari terakhir ini penjual Durian mulai meramaikan sepanjang jalan Basuki Rahmat, baik yang menggunakan lapak-lapak seperti di ruas jalan Basuki Rahmat Km 8 maupun yang menggunakan mobil di ruas jalan Basuki Rahmat Km 9 tepatnya depan Melati Raya.
Salah satu Penjual Durian Martono menjelaskan saat ini musim buah durian masih berasal dari Manokwari, sehingga ia bersama rekan-rekan lainnya melintasi jalan darat dengan menggunakan mobil selama 12 hingga 16 jam perjalanan hanya untuk mendapatkan durian sebanyak 600 atau 900 per mobil.
“Kalau akses jalan mulus yah hanya 12 jam saja tapi kalau ada kendala di jalan seperti ban mobil pecah atau kerusakan mobil lainnya, bisa mencapai 16 jam,”jelasnya kepada Radar Sorong, Senin (7/12).
Selain itu, meskipun 600 buah durian yang didapatkan, sambung Tono sapaan akrabnya -tidak semua bisa terjual dengan mulus lantaran bisa saja ada yang pecah saat perjalanan kemudian rasa ­durian yang hambar (tidak ada rasa).
“Kami ambil kan tidak tahu kondisinya, kadang kalau pembeli membeli durian dan rasanya hambar kami ganti. Walaupun rugi, yah itu sudah resiko jadi pedagang,”terangnya seraya menambahkan bahwa ia akan menghubungi penjual buah durian yang di Manokwari jika ada durian yang busuk, pecah atau tidak layak dijual.
Menurut Tono, musim buah durian saat ini baru di Manokwari sejak pertengahan bulan November 2020 hingga kini. Sedangkan di wilayah Papua Barat seperti Fakfak, Seram dan Salawati belum musim buah durian. Untuk kisaran harga jual buah durian sambung Tono mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu per buah namun ada juga dijual Rp 100 per tiga buah.“Tergantung ukuran duriannya juga,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed