oleh

Kondisi Sorong Kembali Normal

-Berita Utama-1.012 views

PNS-TNI-Polri Bersihkan Sisa-Sisa Aksi Demo

SORONG – Kapolres Sorong Kota AKBP Mario Cristy Pancasakti Siregar,S.IK menyatakan, kondisi di wilayah Kota Sorong telah kembali kondusif dan aman untuk beraktifitas. Pihak kepolisian menilai kondisi sudah kembali normal sejak Rabu (21/8). Masyarakat telah beraktifitas seperti biasanya dan bersemangat untuk mengembalikan Kota Sorong menjadi kota milik bersama.  Setelah aksi demo terakhir pada Rabu (21/8) di Kantor Walikota Sorong, masyarakat juga telah melakukan pembersihan di sepanjang jalan sebelumnya diblokir. Pembersihan sisa-sisa aksi oleh aparat TNI dan Polri, ASN dan dibantu warga.

Kapolres mengatakan bahwa pihaknya mengumpulkan data terkait total kerugian material akibat aksi yang berujung rusuh tersebut. Pihaknya juga mengharapkan back-up data dari Dinas Sosial Kota Sorong. Kapolres juga menghimbau masyarakat tidak usah takut kembali beraktifitas, situasi dan kondisi Kota Sorong saat ini sudah dijamin aman terkendali.

Sementara itu, anggota kodim 1802/Sorong melaksanakan kegiatan Jumat Bersih untuk membersihkan Kota Sorong dari puing-puing sisa kebakaran imbas aksi demo. Kegiatan Jumat Bersih bertujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Peserta Jumat Bersih yang terdiri dari 350 anggota TNI, 200 Polri, 200-an PNS, ratusan masyarakat dan kelompok pemuda.

Setelah melakukan apel dan persiapan di Makodim, peserta Jumat Bersih diarahkan menuju ke kantor walikota untuk mengikuti apel bersama para PNS dan Polri. Dandim 1802 Sorong, Letkol Inf Budiman,SE selalu pimpinan apel gabungan memberikan arahan untuk pembagian daerah pembersihan dan membagi pasukan menjadi 10 tim. 

Dandim mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberi pesan kepada masyarakat yang ada di seluruh wilayah Indonesia khususnya Kota Sorong bahwa Sorong sudah aman. Secara fisik dilaksanakan pembersihan di berbagai tempat melibatkan seluruh elemen masyarakat.  “Ini merupakan wujud yang lahir dari kebersamaan kita dalam rangka merajut luka-luka kemarin yang sudah lewat, dan hari ini kita mulai dengan hal-hal yang baru,” jelasnya kepada Radar Sorong, Jumat (23/8). 

Kedepan lanjut Dandim, TNI akan bekerjasama untuk memberikan bantuan dalam bentuk tenaga demi membangun kembali Kota Sorong mulai dari infrastruktur dan kembali membangun keamanan warga di sekitaran wilayah kota Sorong.  Titik pembersihan di pusatkan di Jalan Sungai Maruni Km 10 masuk sampai Gunung Jufri, depan SMP  6 Malanu Kampung, depan Lapangan Bola sampai di depan Kampus UKIP, pertigaan KPR  Exim sampai lokalisasi Malanu, Tikungan  Halte Malanu, depan Melati Raya Km 9, Jalan A. Yani Depan RS Pertaminad Depan SD Al-Jihad, depan Halte Gereja Syalom dan depan Perumahan TNI AL Ramayana, jalan Jendral Sudirman, depan Toko Multi Mart, sepanjang Jalan Sapta Taruna Km 10 Depan Lapas, Jalan Arteri hingga di dekat kampus UMS.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Sorong, Drs. Anton Sagrim menyambut baik kegiatan yang diadakan TNI/Polri dan melibatkan ASN Kota Sorong. Sagrim mengapresiasi kegiatan ini demi kebersamaan dalam pembangunan Kota Sorong.  ”Kalau  boleh jangan sampai di sini dan terus bangun koordinasi, kita pada prinsipnya mendukung kegiatan hari ini karena sebagai bentuk membangkitkan semangat Pemerintah daerah dan masyarakat untuk membangun kota Sorong dalam sisi semua aspek pembangunan ekonomi maupun infrastruktur,” tuturnya. (cr-49/juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed