oleh

Kompleks Mapan Berdikari Diresmikan

-Metro-202 views

SORONG– Warga kompleks Raihana RT 07 RW 4 Kelurahan Sawagumu, Distrik Sorong Utara, Kota Sorong ditetapkan sebagai kompleks mapan berdikari dan menjadi kompleks percontohan di Kota Sorong oleh Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM, Senin (22/6). 

Penetapan sebagai Kompleks Mapan Berdikari tersebut, dikarenakan Kompleks Raihana yang berada di tengah kota mampu menghadirkan budidaya ikan lele dan kebun hortikultura sebagai bentuk mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Diwujudkannya Kompleks Mapan Berdikari merupakan hasil dari kerja sama warga setempat bersama Bhabinkamtibmas Sawagumu. 

Kapolres Sorong Kota, AKBP Ary Nyoto Setiawan S.IK,MH menyampaikan, sebelumnya program ketahanan pangan merupakan program bersama antara Polri dan TNI secara terpusat untuk mendukung ketahanan pangan nasional, khususnya di tengah pandemic Covid-19. 

“Ini wujud dari program bersama dengan TNI, sebelum diresmikan, kami butuh waktu kurang lebih 3 minggu untuk mempersiapkan,” ucapnya kepada Media. 

Pemilihan holtikultura dan budidaya ikan lele dikarenakan waktu pemeliharaan yang cukup mudah dan singkat untuk masa panennya, sehingga diharapkan warga setempat sudah mulai melakukan ketahanan pangan mulai dari tingkat RT, RW, lurah dan distrik. 

Selain Kelurahan Sawagumu, program ketahanan pangan juga sudah diterapkan di Kelurahan Klasabi dengan kesiapan yang sama. Namun, ketahanan pengamanan di Kelurahan Sawagumu jauh lebih baik, sehingga ditetapkan lebih dulu dan menjadi percontohan. 

“Sebenarnya bukan di Sawagumu saja, di Kelurahan Klasabi juga sudah siap, kami memulai dari RT, RW, lurah lalu ke distrik,” terangnya. 

Adapun lahan yang dihadirkan untuk budidaya ikan lele seluas 6×8 meter yang dibagi menjadi 2 bagian budi daya, sementara lahan hortikultura seluas 20 x 13.5 meter yang berada di tengah pemukiman warga kompleks Raihana. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed