oleh

Komitmen Wujudkan DOB Maybrat Sau

SORONG – Di masa kepimpinannya sebagai Bupati Maybrat hingga Agustus 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten Maybrat berkomitmen untuk mewujudkan calon pemekaran daerah otonom baru (DOB) Maybrat Sau yang beribukota di Ayamaru. 

Masyarakat diminta doa dan dukungannya supaya usulan calon DOB Maybrat Sau yang merupakan aspirasi masyarakat ini bisa terwujud sebelum ia mengakhiri masa jabatannya.  Demikian dikatakan Bupati Maybrat, Dr. Bernard Sagrim,MM.

Menurut Sagrim, usulan calon DOB Maybrat Sau merupakan salah satu calon daerah otonom baru ­kabupaten di Provinsi Papua Barat yang sudah mendapat persetujuan melalui ­Amanat Presiden (Ampres) dan masuk dalam program legislasi nasional untuk dibahas. 

“Kita berdoa supaya Maybrat Sau yang sedang kita perjuangkan ini cepat hadir, supaya di wilayah A3 (Ayamaru, Aitinyo, Aifat) sudah bisa ada dua kabupaten,” kata Bernard Sagrim yang mendapat aplaus dari pejabat dan tamu undangan yang hadir saat penyerahan Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) APBD Kabupaten Maybrat tahun 2021 di aula Sekertariat Pemerintah Kabupaten Maybrat di Kumurkek, baru-baru ini.

Dikatakannya, pemekaran sejumlah daerah otonom baru di Provinsi Papua dan Papua Barat merupakan salah satu agenda penting pemerintah pusat yang akan dibahas setelah dilakukan revisi UU Otonomi Khusus Papua-Papua Barat. 

“Jadi kita tetap semangat, berdoa supaya selesai pembahasan revisi UU Otus langsung pembahasan pemekaran sejumlah daerah otonom baru di tanah Papua, termasuk kita Maybrat Sau menjadi prioritas yang kita dorong untuk ditetapkan bersamaan dengan provinsi dan kabupaten-kota yang lain di tanah Papua,” tandasnya.

Calon DOB Kabupaten Maybrat Sau sendiri merupakan aspirasi masyarakat sebagai solusi untuk mengatasi konflik ibukota antara Ayamaru dan Kumurkek yang beberapa waktu lalu sempat mengemuka, hingga akhirnya dibentuk Tim Rekonsiliasi yang diketuai mantan Bupati Sorong Selatan Drs. Otto Ihalauw,MSi bersama sejumlah tokoh lainnya untuk menjaring aspirasi masayrakat di empat zona yakni Ayamaru Utara Raya, Ayamaru Raya, Aitinyo Raya dan Aifat Raya.  

Rencananya DOB Kabupaten Maybrat Sau  membawahi Distrik Ayamaru dan wilayah pemekarannya, Distrik Ayamaru Utara beserta wilayah pemekarannnya, serta Distrik Aitinyo dan wilayah pemekarannya. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed