oleh

Kodim 1803/Fakfak Siaga Tanggulangi Bencana Alam

SORONG – Kodim 1803/Fakfak menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam, berlansung selama 5 hari yang dimulai Rabu (1/9). Latihan kali ini difokuskan untuk menanggulangi terjadinya bencana tanah longsor, posko induk berada di Makodim, tempat latihan dipusatkan di Kampung Bugis Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat. Latihan melibatkan 100 personel gabungan Kodim, Saka Wira Kartika, Basarnas, BPBD. Pembukaan latihan dihadiri Kapolres Fakfak, Sekda Fakfak dan para Perwira Kodim 1803/Fakfak.

Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Doddy Yudha,S.IP,M,Tr (Han)  mengatakan, tujuan Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini untuk meningkatkan kemampuan Satuan Kodim 1803/Fakfak dibawah naungan Korem 182/JO menghadapi bencana di wilayah Kabupaten Fakfak.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Menurutnya, latihan ini adalah aktualisasi Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang tugas dan peran TNI diantaranya melaksanakan tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang didalamnya melakukan bantuan penanggulangan bencana alam dan SAR, bantuan kemanusiaan serta atas permintaan Pemda setempat.

“Satuan TNI diharapkan memiliki kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul di daerah, sesuai dengan kemampuan dan kewenangan tugas TNI,” ujarnya.

Latihan penanggulangan bencana alam ini juga merupakan sarana bagi Danramil jajaran Kodim 1803/Fakfak beserta para perwira stafnya selaku pembina kewilayahan, agar mampu merencanakan bantuan operasi menyelenggarakan penanggulangan bencana alam kepada pemerintah daerah secara profesional dan proporsional.  “Ini untuk melatih kesiapsiagaan personel kita, dalam menghadapi dan mengatasi kemungkinan adanya bencana alam di wilayah kita khususnya Kabupaten Fakfak,” jelas Letkol Doddy Yudha.

Menurutnya, latihan ini sangat penting untuk melatih kesiapsiagaan personil TNI-AD di jajaran Kodim 1803/Fakfak. Selain itu, juga untuk mengasah kemampuan serta profesionalisme sehingga prajurit TNI semakin terbiasa dan tepat serta cepat dalam menyikapi perkembangan situasi di wilayah kerjanya.

“Kita inginkan prajurit jajaran Kodim 1803/Fakfak terbiasa dan dapat bertindak tepat, cepat dalam menyikapi setiap perkembangan situasi di wilayah,” kata Doddy.

Ia berharap melalui latihan ini, jajaran Kodim 1803/Fakfak lebih meningkatkan kemampuan dalam prosedur pengambilan keputusan taktis, yang didalamnya berisikan hubungan kerja antara komandan dan staf, agar senantiasa siap setiap saat.

“Kesiapannya itu meliputi personel dan peralatan. Disamping itu, setiap anggota Kodim harus mampu merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi pemberian bantuan penanggulangan bencana alam kepada pemerintah daerah. Saya harap tujuan dari latihan ini dapat tercapai sesuai dengan tema latihan,” pungkasnya. (ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed