oleh

Koarmada Terbuka Bagi Pers

-Metro-144 views

SORONG- Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., mengatakan, peran media massa sangat sentral sebagai pilar keempat demokrasi. Dengan demikian, media massa merupakan salah satu mitra strategis Koarmada III. 

“Dalam tatanan kehidupan negara demokratis, kemitraan strategis antara TNI/TNI AL (Koarmada III) dan jajarannya dengan media massa perlu terus dibangun serta ditingkatkan,” kata Pangkoarmada III pada saat menerima kunjungan silaturahmi Ketua PWI Sorong Raya Lexi Sitanala di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (3/8/2020). Pada kesempatan ini juga hadir Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, dan Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

  Menurut Pangkoarmada III bahwa Dinas Penerangan Koarmada III secara proaktif selalu memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan melalui mitra di media massa. Diharapkan bahwa keterbukaan penyediaan informasi ini dapat menjadi penangkal dan sebagai penyeimbang (chek and balance) dari pemberitaan yang dilakukan secara tidak proporsional oleh pihak-pihak tertentu.

 Segenap personel Koarmada III dan jajaran memiliki tanggung jawab sesuai tugas dan fungsinya untuk menjalin hubungan yang baik dengan media massa, dengan tetap memperhatikan keamanan informasi dan rahasia militer. Berbagai kesempatan seperti kunjungan kerja ke redaksi media massa, media gathering, pelaksanaan press release, maupun interaksi tidak terjadwal antara media dengan Koarmada III merupakan peluang, sekaligus tantangan untuk melaksanakan tugas masing-masing secara sinergis.

 Demikian strategisnya Koarmada III menjalin hubungan baik dengan media massa didasari oleh fakta, bahwa media massa tidak saja memberikan informasi, tetapi juga memiliki peran yang signifikan dalam membentuk persepsi masyarakat mengenai arti penting legitimasi, dan keberhasilan tugas yang dilaksanakan oleh Koarmada III.

 Untuk itu, Koarmada III membuka kesempatan seluas-luasnya bagi media massa untuk turut hadir dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Koarmada III,”ujar Pangkoarmada III. (**/juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed