oleh

“ KKSS Ada Dimana-mana Tapi Tidak Kemana-mana”

Dibantu  Ratusan Pengurus, Syamsudin Djohan, SH  Sah Nahkodai KKSS Kota Sorong  Periode 2020-2025.

SORONG – Pelantikan Badan ­Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Sorong periode 2020-2025 Sabtu malam (12/12) di Gedung Serba Guna  Yonif 762/VYS berlangsung meriah.  

 Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan yang hadir tepat waktu ­dalam sambutannya mengakui adanya kontribusi yang  tinggi dari warga KKSS dalam memajukan pembangunan di Kota Sorong dan di Provinsi Papua Barat pada umumnya.

 Gubernur berharap KKSS bisa  menjadi role model atau contoh paguyuban yang menjaga sopan santun serta mampu bersinergi dengan suku lain disekelilingnya. 

 “KKSS ini keluarga yang sangat besar, KKSS ada dimana-mana tapi semoga tidak kemana-mana. Dimana ada KKSS, disitu dia berkontribusi ikut bangun membangun daerah. Kita tahu bersama bahwa KKSS punya kontribusi besar membangun Tanah Papua, jadi saya pikir ini bisa terus jalan. KKSS juga harus jadi role model bagi kerukunan keluarga lain, saling bersinergi dan ciptakan ketertiban tanah ini,”tandas gubernur.

 Selan gubernur, Walikota Kota Sorong Drs Ec Lambert Jitmau, MM juga hadir dan diberikan kesempatan menyematkan PIN kepada ketua-ketua pilar KKSS. Orang pertama di Kota Sorong  itu  mengikuti acara sampai selesai.  Selain itu, hadir  2 anggota DPD RI, Sanusi Rahaningmas dan Mamberob ,  anggota DPRD Provinsi Papua  Barat Max Hehanusa, serta sejumlah anggota DPRD Kota Sorong.

 Sementara itu Wakl Ketua DPW KKSS Provinsi Papua Barat, Harbi Syam mengungkapkan  warga KKSS di Kota Soro yang berjumlah sekitar  50.000 orang lebiih  merupakan potensi besar yang diharapkan  memberikan kontribsi bagi daerah.  Dengan motto dimana tanah dipijak disitu langit  dijunjung, warga KKSS senantiasa hidup damai berdampingan dengan warga lain di Kota Sorong.

  Proses pelantikan BPD KKSS Kota Sorong periode 2020-2025  dipimpin Harbi Syam diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK)  oleh Wakil Sekretartis DPW KKSS Kota Sorong,. Selanjutnya  pelantikan ditandai dengan penyerahan  bendera PATAKA  Sulsel  ke­pada Ketua BPD KKSS Kota Sorong  Syamsudin  Djohan, SH .

 Karena  begitu banyak pengurus  berjumlah sekitar 300-oramg, maka yang  tampil  dalam proses pelantikan hanya para koordinator seksi.  Yang cukup istimewa, dalam kepengurusan BPD KKSS Kota Sorong,melibatkan warga  dari suku lain.    Bahwa 44 tahun lamanya KKSS Kota  berjaya, kali ini merupakan tahun pertama bagi KKSS menggandeng kerukunan keluarga dari berbagai suku untuk turut andil didalamnya.

  Ketua-ketua kerukunan kesukuan tersebut ditunjuk menjadi Dewan Kehormatan dalam KKSS yang juga diperkenalkan pada resepsi pengukuhan dan pelantikan BPD KKSS Kota Sorong. 

 Ditemui disela acara, ­Syamsudin  Djohan yang memimpin KKSS Kota Sorong untuk 5 tahun ke depan menyebutkan, maksud dan tujuannya menggandeng berbagai kerukunan kesukuan tersebut tak lain adalah untuk menghindari adanya gesekan antar suku yang ada di Kota Sorong.

”Ini hal baru yang ada di KKSS, kami mau akomodir juga suku lain atau ikatan keluarga lain. Insya Allah ke depan dengan dirangkulnya perwakilan berbagai suku kedepannya hubungan kita lebih harmonis, terbuka dalam berbagai hal dan bisa menjalin komunikasi yang baik kepada suku-suku lain yang ada di Kota Sorong,”tandas Syamsudin saat ditemui usai resepsi pelantikan dirinya.

 Disinggung terkait program kerjanya, Syamsudin Djohan  yang juga merupakan anggota Komisi 1 DPRD Kota Sorong menyebutkan bahwa targetnya tidak muluk-muluk. Yang jelas Ia menginginkan agar warga KKSS tetap dapat berpartisipasi mensukseskan program pemerintah. KKSS pun menjujung tinggi kehormatan dan senantiasa menjaga marwahnya sebagai anak Negeri Selatan yang telah berpuluh-puluh tahun tinggal di perantauan dan telah menyatu dengan tanah yang diberkati, yakni tanah Papua tercinta.

  Pantauan Radar Sorong,suasana  acara pelantikan BPD KKSS Kota Sorong  yang diketuai  H. Fadly diisi dengan kilas  balik perjalanan BPD Kota Sorong dengan menghadirkan tayangan video penuturan para sesepuh KKSS.  Yang cukup istiimewa, di tempat acara berjejer bingkai  foto ketua-ketua BPD KKSS dengan sekretaris di periodenya masing-masing. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed