oleh

KKB Tembak Mati Guru di Puncak

JAYAPURA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi­nya. Kali ini, KKB menembak mati seorang guru di Kampung Julukoma Distrik Beoga Kabupaten Puncak Provinsi ­Papua, Kamis (8/4) pagi. Dari informasi yang diperoleh Radar Sorong, korban bernama Oktovianus Rayo (43), keseharian sebagai guru di salah satu sekolah dasar di wilayah Distrik Beoga Kabupaten Puncak. Korban diduga tewas lantaran mengalami luka tembak di bagian rusuk kanan dan perut kanan.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri membenarkan kejadian tersebut. Kapolda menyebutkan kejadian naas itu terjadi pukul 09.30 WIT. “Korban meninggal dengan dua tembakan di bagian rusuk kanan dan  perut,”  kata Kapolda  Papua di Jayapura, kemarin. Kapolda mengatakan, Korban ditembak saat berada di kios miliknya. “Pelaku mendatangi korban menggunakan senjata pendek, lalu menembak korban di dalam kios,”  jelasnya. 

Menurut Kapolda, saat penembakan ada beberapa rekan korban yang juga guru, berada di lokasi kejadian. “Ada beberapa rekan korban  guru yang takut langsung melarikan diri kedalam hutan untuk berlindung, namun pada akhirnya berhasil ditemukan oleh warga dengan selamat, meski dalam keadaan trauma,” ucapnya.

Dia menyatakan, aksi yang dilakukan para pelaku merupakan aksi biadab lantaran korban merupakan pejuang kemanusiaan yang bertanggung jawab untuk mendidik anak bangsa. “Seharusnya  tenaga pendidikan dan kesehatan harus dilindungi, karena mereka adalah unjung tombang untuk membangun generasi penerus bangsa kedepan khususnya anak-anak Papua,” tegas Kapolda. 

Pelaku penembakan guru diduga kuat KKB pimpinan Sarbinus Waker, polisi sedang memburu pelaku. ”Pelakunya adalah kelompok Sabinus Waker yang sedang menuju ke Ilaga atas undangan Legakak Telenggen. Saat menuju ke Ilaga, mereka melakukan penembakan terhadap seorang guru tersebut,” kata Mathius Fakhiri.

Pihaknya lanjut Kapolda, akan mengambil langkah-langkah penegakan hukum terhadap para pelaku. Kapolda juga menjelaskan situasi masih bisa dikendalikan karena dibantu oleh seluruh lapisan masyarakat, seperti tokoh agama. ”Kami akan menambah kekuatan untuk naik ke Ilaga guna melakukan penindakan dan mudah-mudahan ini dapat selesai,” pungkasnya.

Usai Tembak Guru, 

KKB Bakar 3 Sekolah

Usai menembak mati seorang guru, KKB dikabarkan membakar  tiga sekolah di Kabupaten Puncak. Pembakaran dilakukan Kamis (8/4) sore. Selain itu, mMereka juga membakar rumah guru. Kini kondisi bangunan-bangunan tersebut rata dengan tanah. ”Informasi terbaru sekira pukul 18.15 WIT, sekolah SD Jambul. SMPN 1 dan SMA 1 Beoga, serta rumah guru dibakar oleh KKB. Sudah rata dengan tanah kondisinya,” kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudussy seperti dilansir detikcom, Kamis (8/4).

Iqbal memastikan TNI-Polri telah memburu para pelaku pembakaran. Iqbal menambahkan aparat di Puncak juga terus berupaya menjaga keselamatan warga. ”Kami buru pelakunya. Di samping itu kami terus berjaga demi keselamatan warga,” ucap Iqbal. (al/***aud/detikcom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed