oleh

Kesiapan Panitia Capai 50 Persen

-Kaimana-262 views

KAIMANA – Panitia pelaksana Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua (KBMAP) ke-4 tahun 2021, yang akan dilaksanakan di Kaimana, tanggal 25 hingga 30 Oktober 2021 mendatang. Telah melakukan persiapan, guna menyukseskan pelaksanaan konferensi, yang akan dihadiri oleh 7 perwakilan wilayah adat  di Papua maupun Papua Barat.

Ketua panitia KBMAP ke 4, Arifin Sirfefa, kepada wartawan mengatakan, jika saat ini panitia melalui beberapa bidang, telah melakukan persiapan.  Tahapan persiapan telah  dilakukan sejak bulan lalu, dan hingga kini telah mencapai 50 persen.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Kita sudah mulai kerja, dan hampir mencapai 50 persen. Selanjutnya akan finalisasi, kami juga akan melakukan pertemuan di Manokwari, rencana besok (hari ini,red). Bersama dewan adat pusat, dan beberapa daerah lainnya bersama Pak Gubernur, untuk dilanjutkan ke Pak Presiden,” jelas Arifin kepada wartawan di Sekretariat Panitia Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua ke 4, Minggu (5/9).

Dikatakan Arifin, tiga hari menjelang pembukaan konferensi para perwakilan delegasi akan tiba di Kaimana. Sehingga pihaknya akan terus melakukan persiapan secara matang, demi menyukseskan acara tersebut.

Dia juga menyebutkan, jika pihaknya telah menyurati ke pihak terkait, untuk peminjaman tiga bangunan sekolah, untuk dijadikan sebagai tempat tinggal para perwakilan delegasi.  “Ada 47 delegasi, sehingga kita harus persiapkan tempat tinggal. Kita juga sudah menyurati, ke tiga pihak sekolah yakni Yapis, YPK dan Misi, untuk peminjaman bangunan sekolah. Selain itu juga, ada hotel yang akan kami siapkan untuk tamu VIP,” ujarnya.

Arifin juga menuturkan, sebelumnya ditargertkan 5000 orang peserta akan menghadiri konferensi ini. Namun karena pandemi Corona, sehingga dibatasi jumlah peserta hanya 1250 orang, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.  “Masing-masing delegasi ada 20 orang. Ada yang ikut juga dalam pameran budaya sekitar 5 orang, serta jumlah peserta lainnya,” tuturnya.

Direncanakan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua, di Kaimana ini akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sehingga panitia pelaksana, masih melakukan koordinasi tentang kepastian kehadiran orang nomor satu Indonesia di Kaimana nanti, saat pembukaan konferensi nanti. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed