oleh

Kesehatan Hewan Kurban akan Diperiksa

-Metro-92 views

AIMAS – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sorong berencana untuk melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang akan disembelih, guna mengetahui kelayakan hewan kurban untuk dagingnya layak dikonsumsi.

“Kami akan turun langsung mengecek kondisi hewan, kondisi daging apa layak atau tidak untuk dikonsumsi,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sorong, Magriet Beatrix Hendrika,S.Pt kepada Radar Sorong, kemarin (19/6).

Jumlah hewan ternak untuk kurban, menurutnya, masih belum diketahui berapa banyak. Data tersebut akan diterima setelah melakukan pemeriksaan secara langsung di lapangan. “Kalau jumlahnya berapa banyak, kami belum tahu yah, masih menunggu saat dilakukan pemotongan di lapangan, saat kami turun,” jelasnya. 

Selama Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), diakuinya masih ada beberapa hewan ternak yang masuk ke Kabupaten Sorong, seperti sapi. Namun, sapi yang masuk ke Kabupaten Sorong sebelumnya harus melalui pemeriksaan lebih dulu di daerah asal dan lolos dari pemeriksaan karantina pertanian. “Masih ada yang masuk, karena hewan ternak,”ucapnya. 

Ia juga menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan kondisi hewan ternak yang akan dibeli untuk dikurban, sehingga apa yang dikurbankan dapat membawa manfaat kepada yang menerima. (nam) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed