oleh

Keluhkan Jalan Rusak Bertahun-tahun

**Syamsudin Djohan : Sudah 3 Tahunan Dibiarkan, Kok Bisa ?

SORONG –Jalan Jend. Sudirman (Jalan Baru) yang menghubungkan wilayah Remu ke Sorpus, khususnya di sekitar kompleks Pasar Baru dekat SPBU, kondisi jalannya rusak parah. Sayangnya, bertahun-tahun jalanan rusak, namun hingga kini tidak nampak adanya upaya perbaikan.  

Akibat kondisi jalanan rusak sangat menggangu aktivitas lalulintas kendaraan roda dua maupun roda empat. Tak heran, ada beberapa pengguna jalan yang kadang terjatuh akibat jalan yang berlubang sehingga mengakibatkan genangan air di waktu hujan.

Hal tersebut dikatakan salah satu warga, Eki, yang tinggal di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Klaligi Sorong Manoi. “Jalan ini jalan raya, orang punya tujuan ada yang ke Jembatan Puri, ke SPBU, ada toko dan hotel juga tapi pemerintah ini tra perhatikan. Ada sempat orang yang jatuh karena mau menghindari lubang-lubang jalan itu. Tolonglah pemerintah jangan tutup mata dengan kondisi ini,” ucapnya saat bincang-bincang dengan Radar Sorong, baru-baru ini.

Seorang pengendara motor, Marten mengaku ia kerap kali melalui jalan rusak ini karena tempat kerjanya berada di area tersebut. “Mau pergi kerja dan pulang pasti ikut jalan sini. Pernah ke kantor baru sepatu basah karena sering macet kalau pagi terus mobil di depan berhenti tiba-tiba, saya langsung rem kaget toh. Kasih turun kaki pas mendarat di jalan yang berlubang itu sioo saja. Sepatu kanan lapis kaos kaki basah, sampe kantor ganti sendal daripada kaki bau. Pemerintah perbaiki jalan ini tempo sudah, masa kita harus teriak-teriak baru kamu mau turun kerja akan,” tegasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Sorong, Syamsuddin Djohan mengakui bahwa pihaknya di DPRD sudah meminta diperbaiki jalan tersebut beberapa kali. Syam mengakui jalan tersebut jalan nasional ataupun jalan provinsi, sehingga tanggung jawab ada di Satker.  “Tapi masyarakat ini kan tidak mau tahu, entah itu jalan provinsi kah pusat, mereka tahunya ada fasilitas jalan yang mereka harus nikmati. Sementara jalan itu sudah 3 tahunan, bertahun-tahun dibiarkan rusak, kok bisa?!. Kami berharap sesegera mungkin pemerintah menindaklanjuti hal tersebut. Mau pusat atau provinsi, yang jelas kami harapkan jalan yang normal,” tegasnya.

Syam ~sapaan akrabnya~ mengatakan bahwa DPRD sudah bertanya kepada Satker untuk menindaklanjuti jalan berlubang di Jalan Jenderal Sudirman tersebut. “Mereka bilang dalam waktu dekat akan mereka tangani, tetapi yang terdahulu diperbaiki katanya adalah drainase yang sudah tidak normal lagi, ketika hujan airnya meluap ke jalan. Nah, itu yang membuat jalannya hancur,” jelasnya. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah diperbaiki. Karena kasian banyak yang celaka karena ibu-ibu kadang jalan menghindari kubangan yang di sebelah kubangan yang lain,” tambahnya. 

Terkait keluhan warga akan kondisi jalan Jend. Sudirman yang sudah bertahun-tahun rusak, pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII Manokwai Provinsi Papua Barat belum berhasil dimintai konfirmasinya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed