oleh

Keluarga Miskin Diprioritaskan dapat BST

-Metro-281 views

SORONG-Kriteria penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI yaitu memprioritaskan untuk keluarga yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), selain itu keluarga tersebut juga belum tersentuh program bantuan seperti PKH, BPNT atau Sembako. Selain itu penerima BST juga diprioritaskan keluarga yang terdampak Pandemik Covid-19 yang dinilai keluarga tidak mampu dan tidak terdata di dalam DTKS dan keluarga pra sejahtera.

Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, MM menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Sosial Kota Sorong untuk menentukan kriteria masyarakat yang dapat menerima Bantuan Sosial Tunai. Wali Kota Sorong berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah peduli terhadap masyarakat, sehingga bisa luncurkan bantuan dana melalui sumber-sumber terpercaya.

“Kalau bisa ada kekurangan harus dilengkapi, sehingga kita juga bisa mendapatkan sesuai dengan kuota yang ada di Pusat. Yang akan mendapatkan dana ini tentunya yang ber-KTP Kota Sorong dan tidak untuk ke daerah lain, sebab daerah lain juga pasti mendapatkan bantuan tersebut,” terang Wali Kota Sorong kepada wartawan, usai kegiatan launching Bantuan Sosial Tunai, Kartu Keluarga Sejahtera dan Program Sembako Dampak Covid-19, di Aula Samu Siret, Rabu (13/5).

Dirinya berharap agar masyarakat penerima BST harus bersyukur kepada Tuhan dan juga berterima kasih kepada kementerian terkait yang memiliki kepedulian untuk memberikan bantuan dalam bentuk apapun. “Tapi, harus dimanfaatkan dan digunakan secara baik pada saat-saat situasi penyebaran virus Corona, dan nanti yang menerima BST jangan dobel lah, nanti kami lihat. Berikan kesempatan yang belum dapat, kalau bisa difokuskan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan dari sumber-sumber lainnya,”ungkapnya

Kepala Dinas Sosial Kota Sorong, Manase Jitmau menjelaskan, Bantuan Sosial Tunai Covid-19 diprioritaskan untuk keluarga yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum tersentuh program bantuan PHK dan BPNT atau Sembako. 

“Alokasikan pagu Kota Sorong, untuk DTKS berjumlah 5.326 rumah tangga, usulan Pemerintah Daerah sebanyak 7.026 rumah tangga sehingga totalnya 12.026 rumah tangga. Sedangkan data yang berhasil diinput pada aplikasi SIKS-NG Kota Sorong sebanyak DTKS 5.128 rumah tangga dan usulan Pemerintah Daerah 6.587 rumah tangga, totalnya berjumlah 11.785 rumah tangga,”terangnya.

Sementara itu, data yang telah terealiasi untuk pembayaran melalui Bank BNI, BRI dan PT. Pos Indonesia Sorong pada bulan April 2020 sebanyak 6.367 rumah tangga dan per rumah tangga mendapatkan Rp. 600.000. Sedangkan tersisa 5.418 rumah tangga yang belum terealisasikan.

“Selain itu, sebanyak 581 rumah tangga yang mendapatkan bantuan Sembako perluasan Bulan April 2020 dalam rangka penanganan Covid-19, per rumah tangga mendapatkan Rp 200.000,” pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed