oleh

Kelangkaan Pupuk Dikeluhkan Petani

-Metro-97 views

Petani Kabupaten Sorong,  khususnya Kelompok Tani Lestari Jaya di Matawolot, Kabupaten Sorong.  “Sekarang kami kelangkaan pupuk, dari distributornya sering telat,” ucap Ketua Kelompom Tani Lestari Jaya, Sukijo kepada Radar Sorong, Kemarin (4/9).

Dengan adanya kelangkaan tersebut, para petani kesulitan dalam peningkatan hasil panen. Sementara komoditi yang ditanam oleh para petani tidak hanya satu melainkan, petatas, jagung dan beberapa jenis pertanian lainnya.  

“Kami tidak hanya tanam petatas, karena sampingan juga perlu,” katanya.  

Selain kelangkaan pupuk, Sukijo juga mengeluhkan kondisi jalan pertanian yang sebelumnya telah disampaikan beberapa waktu lalu ke Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sorong. Dimana, kondisi jalan saat ini sangat meyulitkan akses dari para petani. 

“Kalau ada dana sedikit mungkin bisa jalan kami ini bisa direalisasikan,” harapnya.  

Meski mengalami kendala, namun Sukijo juga berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Gubernur Provinsi Papua Barat dan Pemerintah Kabupaten Sorong yang membantu aktivitas pertanian Kelompok Tani Lestari Jaya, setelah melakukan kunjungan ke lokasi pertanian 2 bulan lalu.  

Bantuan yang diterima diantarnya, Rotari Mini dan mesin babat dari Gubernur Papua Barat masing-masing satu unit serta Hand Tractor dari Dinas Pertanian Kabupaten Sorong. 

“Sudah ada bantuan, setelah kunjungan,” ucapnya.  

Dengan adanya bantuan tersebut,  Sukijo kembali mengharapkan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sorong berupa Tractor Sawah yang dapat membuka lahan baru sehingga menambah jumlah lahan di Matawolot Kabupaten Sorong.  

“Luas lahan saat ini kan hanya 10 Hektar yang sebelumnya sudah dilakukan panen, kami berencana menambah 8 hektar lagi, jadi total 18 hektar,” ucapnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed