oleh

Kehadiran Pertamina EP Papua Field Berikan Beragam Kontribusi Bagi Daerah

SORONG – Keberadaan industri hulu migas di suatu daerah, sangat membantu bagi kemajuan daerah tersebut. Demikian pula dengan Pertamina EP Asset 4 Papua Field yang beroperasi di Kabupaten Sorong, telah banyak berkontribusi bagi pembangunan daerah Kabupaten Sorong. 

   Meskipun Pertamina EP baru didirikan pada tahun 2005, namun Pertamina EP Papua Field yang berada di Kepala Burung, Provinsi Papua Barat, mengelola lapangan yang telah dioperasikan sejak 1935 oleh Pemerintahan Kolonial Belanda. Nilai historis ini yang membuat Kota Sorong dikenal sebagai kota minyak oleh banyak orang.

   Meskipun Kota Sorong dikenal sebagai Kota Minyak, namun lokasi-lokasi sumur minyak Pertamina EP Papua Field seluruhnya berada di Kabupaten Sorong. Lapangan-lapangan yang dioperasikan oleh Pertamina EP Papua Field yakni di Lapangan Produksi Klamono di Distrik Klamono, Lapangan Produksi Salawati di Distrik Salawati Tengah, dan Lapangan Produksi Sele-Linda di Distrik Seget.

Saat ini Pertamina EP Papua Field dapat memproduksi minyak dengan jumlah rata-rata 1100 barel per hari. Meskipun produksi migas di Papua Barat kini sudah tidak sebanyak apabila dibandingkan dengan 50 tahun lalu, namun dengan berbagai inovasi dan upaya, Pertamina EP Papua Field masih dapat terus menghasilkan minyak untuk kepentingan bersama. Hal ini perlu mendapat apresiasi karena operasi hulu migas di Kabupaten Sorong sudah berlangsung sejak lama dan cadangan minyak sudah tidak sebanyak seperti dulu.

   Pertamina EP Papua Field Manager, Abdul Rachman Para Buana saat dikonfirmasi Radar Sorong kemarin (30/10) menjelaskan bahwa, keberadaan Pertamina EP di Kabupaten Sorong memberikan banyak kontribusi. Salah satu diantaranya hasil lifting migas yang diperoleh negara akan dibagi kepada daerah-daerah penghasil, termasuk Kabupaten Sorong. Dana bagi hasil migas akan dialokasikan oleh Pemerintah untuk meningkatkan pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sorong. Dengan disahkannya Perdasus Dana Bagi Hasil (DBH) Migas, maka diharapkan pembagian hasil migas yang diterima daerah juga akan semakin meningkat.

   Keberadaan Pertamina EP Papua Field juga ikut berkontribusi terhadap ketersediaan energi di wilayah Papua Barat. Kini minyak yang diproduksi Pertamina EP juga dikirimkan ke kilang Pertamina RU VII Kasim, yang kemudian diolah untuk memasok kebutuhan BBM (bahan bakar minyak) di wilayah Kabupaten Sorong. 

   “Pertamina EP juga memberikan peluang untuk vendor-vendor lokal agar dapat ikut ke dalam proses bisnis hulu migas di Kabupaten Sorong,” imbuh Abdul Rachman.   

   Tidak hanya sampai disitu, bentuk kontribusi lainnya adalah program CSR (Corporate Social Responsibility) rutin dilakukan Pertamina EP setiap tahunnya. Beberapa program CSR yang dilakukan yakni Program Revitalisasi Posyandu untuk perbaikan gizi balita di Klamono, bantuan akses air bersih berupa pembuatan sumur dan filter air bersih di Klamono dan bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada anak-anak pemilik hak ulayat di Klamono dan Salawati. 

   Pertamina EP Papua Field juga pernah memberikan bantuan pembangunan dan renovasi rumah masyarakat pemilik ulayat di Klamono, pembuatan jalan kampung Klamono, dan bantuan pembuatan kolam untuk budidaya ikan oleh masyarakat.      

Manfaat CSR bagi masyarakat Kabupaten Sorong bisa cukup dirasakan  oleh masyarakat khususnya di Ring I Perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah gizi buruk di Ring I Klamono kini berkurang hingga hanya 1 balita saja yang mengalami gizi buruk.  Masyarakat di 5 kampung Ring I (Klawana, Klamono, Klalomon, Maladuk, Klamono Oil) kini juga memiliki fasilitas air bersih yang lebih mudah dijangkau dan diakses.

Dalam bidang Pendidikan, masyarakat pemilik hak ulayat di Ring I Klamono dan Salawati dapat mengenyam Pendidikan yang layak hingga tingkat perguruan tinggi. Bahkan beberapa dari anak-anak pemilik hak ulayat sudah ada yang meraih gelar sarjana melalui bantuan Pendidikan Pertamina EP Papua Field. (akh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed