oleh

Kehabisan Blanko, Disdukcapil Tetap Layani Warga

KAIMANA – Sejak ditetapkan lockdown oleh pemerintah, akibat pandemic Covid-19. Berdampak juga pada pelayanan kepada masyarakat, seperti yang dialami Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana (Disdukcapil) Kabupaten Kaimana yang kehabisan blanko KK, KTP dan Akta, namun tetap melayni warga.
Kondisi ini membuat sebagian besar masyarakat yang mengurus adminsitrasi kependudukannya, di Disdukcapil Kaimana belum mendapatkan KK dan juga KTP. Sehingga pihak Dukcapil Kaimana harus mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP, KK dan Akta.
“Jujur bahwa fakta yang terjadi saat ini kami mengalami kehabisan blanko, baik ­blanko untuk kartu keluarga, KTP dan juga akta. Kondisi ini terjadi sebagai akibat lock down yang diterapkan oleh pemerintah. Ini ­terjadi di beberapa daerah lainnya. Kami harus jelaskan kepada masyarakat ketika mereka datang mengurus surat-surat kependudukannya,” jelas Kepala Seksi Pengawasan dan Penyeldidikan Data Kependudukan, Dukcapil Kaimana Steven Lawalata, ketika dikonfirmasi melalui saluran telponnya, Rabu (15/7)
Dikatakan Lawalata, bagi masyarakat yang mengurus administrasi kependudukannya. Pihak dukcapil harus mengeluarkan Surat Keterangan (SK), sebagai pengganti KTP maupun KK. Surat keterangan ini menurutnya, mempunyai kekuatan hukum karena langsung juga terdata dalam system kementerian kependudukan dan pencatatan sipil.
“Kami harus mengakomodir seluruh warga yang datang mengurus KTP, maupun KK, karena ini penting untuk mereka. Baik itu untuk kepentingan bagi penerima bantuan. Sehingga kami mau tidak mau, harus menge­luarkan surat keterangan yang bisa mereka gunakan sebagai pengganti sementara KK dan KTP,” kata Lawalata.
Dirinya juga berharap agar kondisi secepatnya pulih, sehingga bisa memperlancar pelayanan kepada masyarakat. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed