oleh

Keberhasilan Koneksi Telkomsel Capai 99,9%

-Ekonomi-210 views

SORONG – Berkat upaya penguatan jaringan yang dilakukan Telkomsel di 436 POI (Point of Interest) ­dengan berfokus pada area residensial, rumah sakit, serta jalur dan titik transportasi ingkat keberhasilan koneksi data selama Idul Fitri 1441 H mencapai 99,9%.
Puncak trafik layanan data terjadi pada hari Lebaran 24 Mei 2020 lalu, dengan lonjakan trafik data mencapai 22,8% dibandingkan hari normal. Khusus titik POI residensial mengalami kenaikan trafik data yang signifikan yaitu mencapai 31,7% apabila dibandingkan dengan hari normal atau sebelum diberlakukannya kebijakan himbauan Work From Home (WFH).
Secara keseluruhan trafik layanan data telkomsel tumbuh hingga 22,8% selama momen Ramadan dan Idul Fitri 2020. Lonjakan trafik ayanan data di area residensial sebesar 31,7% terdorong melalui aktivitas pelanggan beribadah, belajar dan ­bekerja bahkan bersilaturahmi online dari rumah.
Telkomsel mencatat pada perayaan Idul Fitri tahun 2020 pelanggan Telkomsel lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sebagai sarana silaturahmi virtual sehingga mengalami kenaikan sebesar 75,4%.
Sedangkan layanan video streaming naik 13,8% dan mobile gaming naik 83,7%, dimana layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu beraktivitas dan bersilaturahmi di rumah selama Lebaran Selama momen ­RAFI 2020 ini lima aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan Telkomsel (secara berurutan) antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram dan Google Service.
Platform media sosial sendiri secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses oleh pelanggan, dengan proporsi 30,8% dari total jenis layanan data yang diakses selama momen RAFI 2020.
Berbanding terbalik, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik layanan ­suara turun sebesar -0,9% menjadi 1,1 Miliar Menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1% menjadi 495 juta SMS jika dibandingkan dengan hari normal.
Penurunan trafik pada layanan legacy ini terjadi akibat semakin kuatnya adopsi masyarakat dalam pemanfaatan layanan broadband dan digital, khususnya dalam berdaptasi dengan gaya hidup baru untuk mendukung produktivitas saat beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19 saat ini.
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan pihaknya akan terus berupaya memberikan kemudahan segala aktivitas pelanggan Telkomsel selama berada di rumah.
“Sebagai leading digital telco company, kami mengoptimalkan kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan bahkan hingga berakhirnya momen lebaran dan seterusnya guna memastikan pelanggan dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman.
Kami juga sangat berharap pandemi COVID-19 dapat segera usai dan kita semua bisa melewati masa penuh tantangan ini dengan memasuki fase hidup “The New Normal” kedepannya, sesuai protokol yang telah ditetapkan Pemerintah,” tutur Setyanto melalui keterangan tertulis yang diterima Radar Sorong, Kamis (28/5). (*/ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed