Kaya Akan Nutrisi, Manfaat Telur Ayam Kampung Sangat Melimpah!

radarsorongnews.com – Telur, merupakan salah satu sumber protein yang seringkali dikonsumsi oleh manusia. Telur menjadi bahan pokok yang mudah sekali didapatkan. Di kalangan masyarakat umum, ada dua jenis telur, yakni telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Tahukah anda bahwa manfaat telur ayam kampung jauh lebih tinggi dibandingkan telur ayam negeri? Pada dasarnya, sejak dahulu pun banyak orang sudah meyakini bahwa kandungan sehat di telur ayam kampung lebih tinggi. 

manfaat telur ayam kampung lebih tinggi. (Sumber Foto : DetikHealth)

 

Bukan hanya kandungan proteinnya saja, melainkan telur tersebut juga mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi. Salah satu penyebab telur ayam kampung lebih bermanfaat dan kandungan sehatnya lebih tinggi, adalah karena telur yang satu ini hidup secara bebas, tanpa di kandang. Selain itu, ayam kampungnya sendiri lebih banyak mengkonsumsi pakan alami dari lingkungan sekitar, seperti cacing, ulat, hingga biji-bijian. 

Sementara ayam negeri, kandungan sehatnya lebih sedikit dikarenakan proses ternak ayam negeri selalu berada di kandang khusus. Dan pakan nya pun, lebih banyak mengandung bahan kimia. Walaupun ukuran ayam kampung lebih kecil dibandingkan ayam negeri, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat dan nutrisinya jauh lebih unggul dibandingkan telur ayam biasa lainnya. Menurut sebuah riset dari North Carolina University, yang kami lansir dari sumber Hellosehat.com, mengatakan bahwasanya kandungan lemak tidak jenuh pada telur ayam kampung jauh lebih banyak. 

Yang mana kandungan tersebut benar-benar diperlukan oleh tubuh untuk menghindari berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung. Tetapi, anda harus tahu bahwa telur ayam kampung dan telur ayam negeri, memiliki kandungan kolesterol yang sama. Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat melimpah telur ayam kampung? 

Alangkah baiknya jika anda memperhatikan ulasan kami hingga akhir. Karena sesuai judul yang telah disematkan, kami akan membahas lengkap tentang manfaat melimpah telur ayam kampung. Lantas, apa saja manfaat yang dimiliki oleh telur yang satu ini? Mari simak terus ulasan dan artikel kami sampai selesai!

 

Manfaat Telur Ayam Kampung yang Melimpah

 

Anda harus tahu, bahwa telur ayam kampung mengandung karbohidrat, energi, lemak baik, fosfor, dan kalsium. Yang mana seluruh kandungan tersebut sangat diperlukan oleh tubuh, bukan? Tidak berhenti di situ saja, telur ayam kampung juga mengandung vitamin A dan karoten. 

Kedua kandungan itu benar-benar dibutuhkan tubuh agar bisa mengisi energi dan menjalani kehidupan sehari-hari tanpa mudah lemas. Melansir dari sumber Hellosehat, mengatakan bahwasanya telur ayam kampung bisa memenuhi kebutuhan gizi harian setiap orang. Agar anda tahu lebih banyak tentang telur ayam kampung, berikut, adalah ulasan tentang manfaatnya:

 

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat pertama yang harus anda ketahui tentang telur ayam kampung, adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Anda harus tahu, bahwa telur ayam kampung benar-benar efektif untuk menghindari manusia dari penyakit jantung karena kandungan kolesterol baiknya. 

Telur ayam kampung, mengandung kadar HDL (high density lipoprotein) yang tinggi hingga 10 persen. Kandungan ini tentunya jauh lebih unggul dibandingkan telur ayam negeri. Apabila tingkat HDL nya tinggi didalam tubuh, maka kandungan kolesterol jahat yang bisa menyebabkan serangan jantung maupun stroke, akan semakin menurun. Sehingga, risiko penyakit jantung pun semakin rendah.

 

  1.     Mencegah Katarak

Tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung, manfaat selanjutnya yang wajib anda tahu tentang telur ayam kampung, adalah sangat efektif untuk mencegah katarak. Anda harus tahu, bahwa telur ayam kampung mengandung vitamin A, zeaxanthin, dan lutein yang sangat tinggi. 

Yang mana ketiga kandungan tersebut memang dikenal baik untuk mengoptimalkan kemampuan penglihatan manusia. Apabila manusia mengalami kekurangan lutein dan zeaxanthin, maka risiko katarak dan gangguan mata lainnya akan semakin tinggi.

 

  1.     Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Sama hal nya dengan kandungan telur ayam biasa, anda juga harus tahu bahwa telur ayam kampung mengandung kolesterol tinggi. Hanya saja, kandungan kolesterol tinggi pada telur ayam kampung tidak akan meningkatkan kadar kolesterol didalam tubuh manusia. 

Hal ini dikarenakan kolesterol telur ayam kampung sangat efektif menyeimbangkan jumlah kolesterol lainnya. Tidak berhenti di situ saja, manfaat telur ayam kampung untuk menjaga kecerdasan otak juga semakin tinggi, hal ini dikarenakan ada kandungan asam lemak omega-3 didalamnya.

Previous post Pebasket Indonesia Derrick Michael, Berhasil Lolos ke NBA!
Next post Mengantisipasi Langkah Remaja Terhadap Kasus Klitih di Yogyakarta