oleh

KASAL Tinjau Mako Koarmada III di Katapop

Katapop-Kota, KASAL Naik KRI Layaran 854

SORONG – Kepala Staf TNI ­Angkatan Laut (KASAL) Lak­samana TNI Yudo Margono,SE,MM be­serta Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, melaksanakan kunjungan kerja selama dua hari  (9-10/7) di Sorong Raya, Papua ­Barat. 

Dalam kunjungan kerjanya ini, KASAL didampingi Asisten Perencanaan dan Anggaran KASAL Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, Asisten Logistik KASAL Laksamana Muda TNI Moelyanto,M.Si (Han), Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dr. Ivan Yulivan,SE,MM dan Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI ­Puguh Santoso.

Kedatangan KASAL dan rombongan disambut Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto,M.Tr. (Han), Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Bertiana Dadi Hartanto, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, dan Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani. 

Dalam rilisnya yang diterima Radar Sorong, Kadispen Koarmada III Kol Drs Abdul Kadir,M.A.P menuturkan, pada kunjungan kerja hari pertama kemarin (9/7), KASAL beserta Ketua Umum Jalasenastri dan sejumlah pejabat TNI AL melaksanakan peninjauan di kawasan pembangunan Mako Koarmada III di Katapop Distrik Sala­wati Kabupaten Sorong. Setibanya di lobi gedung Markas Panglima Mako Koarmada III Katapop, KASAL beserta Ketua Umum Jalasenastri menerima penyambutan acara adat ­sebagai warga kehormatan Suku Malamoi yang dipimpin langsung oleh Kepala Suku Besar Malamoi dan ditandai dengan penyematan mahkota oleh Kepala Suku Besar ­kepada Laksamana TNI Yudo ­Margono dan Ny. Vero Yudo Margono.

Setelah istirahat sejenak, KASAL  yang juga mantan Danlanal Sorong, didampingi Pangkoarmada III dan ­sejumlah pejabat TNI AL lainnya meninjau ruangan-ruangan ­Mako Koarmada III Katapop, dilanjutkan dengan  penanaman pohon penghijauan, yakni pohon Matoa. Selanjutnya dirangkai dengan penyerahan bantuan makanan pokok kepada perwakilan masyarakat Katapop Pantai dan Panti Asuhan Al Ichlas Katapop. 

Selama kunjungan tersebut, KASAL beserta rombongan juga melaksanakan penin­jauan fasilitas perawatan personel yang diawali dari dermaga, gedung Denma Mako Koarmada III, mess prajurit, SPBT, shelter kaveleri, gudang amunisi, pembangunan Pura, Gereja, dan Masjid Al Barkah, sekaligus menunaikan Sholat Dhuhur berjamaah dengan segenap prajurit Koarmada III, Pasmar III, dan Lantamal XIV Sorong. 

Setelah jeda makan siang bersama prajurit, KASAL beserta Ketua Umum Jalasenastri dan sejumlah pejabat TNI-AL melanjutkan peninjauan ke­siapan fasilitas perawatan personel, sarana dan pra­sarana penyelenggaraan Pendidikan Program Khusus Bintara dan Tamtama di Sorong, meninjau sarana dan prasarana pendidikan dasar militer, yakni Flat Perwira Pertama, Bintara dan Tamtama, peninjauan rumah hunian dan Mess Perwira, dapur umum Pusdik Brigif 3 Marinir, lapangan tembak Brigif 3 Marinir, dan terakhir di Balai Kesehatan Lantamal XIV Sorong.  Pada kesempatan tersebut, Kasal berkempatan memberikan arahan kepada peserta calon tenaga pendidik Dikmaba dan Dikmata Program Khusus TNI AL yang akan diselenggarakan di Sorong.

Menariknya, jika saat pergi KASAL dan rombongan lewat jalan darat, kembali dari ­kunker di Katapop,  KASAL  didampingi Pangkoarmada III dan segenap pejabat TNI AL lainnya melak­sanakan pelayaran dari dermaga Mako Koarmada III Katapop menuju Mako Koarmada III di Klaligi, Kota Sorong dengan meng­gunakan KRI Layaran-854 dan di belakangnya diikuti KRI Tatihu-853. Perjalanan lewat laut yang menempuh waktu kurang lebih satu jam berjalan  lancar meski Sorong  sempat ­diguyur hujan deras. (**/ros)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed