oleh

Kapusdik Puji Kemajuan SUPM Sorong

-Metro-79 views

SORONG – Kepala Pusat (Kapus) Pendidikan Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia Dr.Bambang Suprakto,A.Pi, SPi, MT, memuji kemajuan SUPM Sorong dalam pagelaran festival kewirausahaan, Kamis (12/11). Dalam kunjungan keempatnya di SUPM Sorong ini, dirinya melihat berbagai perubahan dalam berbagai aspek termasuk menyangkut metode pembelajaran kewirausahaan.

Dr.Bambang Suprakto,A.Pi, SPi, MT, dan Erni Kristina Pambayuningrum, A.PI, M.P, beserta staff kenalkan produk kewirausahaan peserta didik SUPM Sorong.

“Saya lihat festifal hari ini sangat signifikan perubahannya dari tahun lalu, baik dari produk anak didik wirausaha di bidang pengolahan dengan beberapa produknya, kemudian anak-anak budidaya yang juga memperlihatkan hasil inovasi proses budidayanya. Termasuk juga yang ada di proses penangkapan ikan dan mesin perikanan,” jelas Kapus usai membuka Pagelaran Festival Kewirausahaan SUPM Sorong.

Dalam festival kali ini berbagai produk hasil inovasi anak didik dipamerkan di depan khalayak yang akhirnya ikut terpancing untuk memborong habis produk kewirausahaan tersebut. Produk kewirausahaan tersebut seperti produk pangan hasil laut, inovasi budidaya lele dengan sistem bioklof bahkan inovasi alat tangkap ramah lingkungan.

Kapus berharap dari pembelajaran kewirausahaan nantinya lulusan SUPM Sorong tidak hanya menjadi pekerja seperti PNS saja, karena sampai saat ini rekrutmen untuk menjadi PNS semakin kecil. Sehingga KKP harus merumuskan agar anak bisa menjadi tenaga kerja yang berkompeten atau menjadi pengusaha. Oleh karena itu anak didik dibekali untuk belajar mengenai kewirausahaan.

Menanggapi hal itu Kepala SUPM Sorong Erni Kristina Pambayuningrum, A.PI, M.P, mengatakan bahwa dirinya berupaya terus memacu peserta didiknya untuk menjadi pelaku utama maupun wirausahawan. Sementara ini sudah ada 3 orang alumni yang diambil oleh SUPM Sorong untuk menjadi pelaku usaha bidang perikanan.

“Untuk pengolahan kami juga mengajarkan mereka untuk berinovasi mengemas produk disertai label yang bagus sehingga nilai jualnya lebih bagus lagi. Seperti hasil produk pangan yang diperkenalkan pada festival hari ini. Intinya kami mendukung apa yang menjadi keinginan Kapus karena tujuan kami sama. Kami sama-sama ingin lulusan dari sini bisa menjadi usahawan muda yang sukses,” tutup Erni. (ayu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed